Loading...

Sayangi Bumi dengan Menerapkan Tips Diet Plastik Berikut Ini

Administrator 19 Agustus 2018 752 kali dilihat
Bagikan:
Sayangi Bumi dengan Menerapkan Tips Diet Plastik Berikut Ini
Sampah plastik merupakan limbah yang sulit diuraikan secara alami. Perlahan tapi pasti, jumlah sampah plastik yang kian bertumpuk menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Mulai dari pencemaran tanah, pencemaran air, hingga pencemaran udara saat sampah-sampah plastik itu dibakar. 

Tahukah Anda, sampah plastik yang dibakar dapat bersenyawa dengan zat lain dan akan memiliki sifat karsinogenonik. Tentu saja, kita tidak ingin dampak buruk dari gaya hidup dengan plastik ini menimpa kita dan keluarga, bukan?

Lakukan tips diet plastik berikut ini supaya lingkungan lebih bersih dan bumi bebas dari sampah plastik.

• Menggunakan Barang yang Reusable
Sering kita lihat di sekitar tempat makan atau restoran, sampah plastik berupa sedotan bertebaran di mana-mana. Begitu pun sendok plastik, stytofoam, dan kemasan plastik lainnya yang dibuang begitu saja setelah sekali digunakan. Mulai sekarang, bawalah cutlery sendiri ke mana pun Anda pergi. Banyak sekali  toko yang menjual benda seperti ini dengan bentuk yang unik dan tentu saja terbuat dari bahan yang lebih aman untuk kesehatan. Tubuh sehat, lingkungan pun sehat.

• Berani Bilang “Tidak” pada Kantong Plastik
Jangan pernah berpikir jika hanya Anda yang berdiet plastik tidak akan membawa pengaruh bagi lingkungan. Mungkin pada awalnya, orang akan menganggap kita aneh saat menolak kemasan plastik atau kantong plastik saat membeli sesuatu. Tetaplah bangga pada diri Anda sendiri. Bukankah hal yang besar selalu dimulai dari hal-hal yang kecil? Mulai dari diri sendiri dan keluarga untuk berani bilang “tidak” pada kantong plastik.

• Bawa Kantong Belanja Anda Sendiri
Berbelanja adalah kebutuhan, terutama bagi ibu-ibu yang harus menyediakan kebutuhan keluarganya. Hampir setiap hari mereka berbelanja bahan makanan dan tak terasa, tumpukan plastik semakin banyak di rumah. 
Sebaiknya, segera ubah kebiasaan  ini. Mari gunakan kantong belanja yang terbuat dari kain atau yang bisa digunakan berulang kali setiap kali berbelanja. Saat ini, kantong belanja ramah lingkungan sudah banyak dijual, lho. Tidak hanya ramah lingkungan, kantong belanja seperti ini didesain dengan bentuk dan motif yang lucu sehingga nampak indah dipandang mata. 

• Ciptakan Pengganti Kantong Plastik yang Ramah Lingkungan
Dengan meningkatnya kesadaran akan lingkungan yang bersih dan sehat, para ilmuwan berlomba-lomba menciptakan pengganti plastik yang ramah lingkungan. Mereka menyebutnya biodegradable plastic, yaitu plastik yang mudah terurai secara alami karena terbuat dari bahan yang mudah terurai. Bahkan, baru-baru ini muncul berita tentang penemuan plastik yang edible alias bisa dimakan. 

Memang. plastik-plastik semacam itu mungkin belum banyak diproduksi. Jika memiliki ilmu dan teknologinya, Anda juga bisa mencoba menciptakan sendiri plastik yang ramah lingkungan. Kalaupun tidak, kita doakan semoga di masa depan plastik seperti ini dapat diciptakan dan diproduksi secara massal dengan harga yang dapat dijangkau masyarakat luas.

• Bawa Tempat Makan dan Minum Sendiri
Makan dan minum adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi. Dengan segala kesibukan, seringkali kita lebih senang membeli makanan daripada memasaknya. Memang lebih efisien dari segi waktu, tetapi jangan lupa, perhatikan apa yang digunakan penjual untuk mengemas makanan dan minuman yang kita beli. 

Untuk lebih amannya, bawalah tempat makan dan minum sendiri saat bepergian atau hendak membeli makanan dan minuman. Selain lebih sehat karena risiko terpapar senyawa-senyawa berbahaya berkurang, hal ini dapat berdampak pada berkurangnya sampah plastik di lingkungan kita.

Tidak perlu menunggu nanti atau saat lingkungan kita sudah rusak untuk berdiet plastik. Lakukanlah mulai sekarang! Hal kecil yang Anda lakukan akan membuat lingkungan kita sehat dan terawat. (AH)

image source: http://buzzworthy.s3.amazonaws.com/wp-content/uploads/2015/10/Plastic-2.jpg