Loading...

Ridwan Kamil-Ngatiyana Dijadwalkan Bakal Resmikan Underpass Sriwijaya Besok

Sadli 21 Februari 2022 1254 kali dilihat
Bagikan:
Ridwan Kamil-Ngatiyana Dijadwalkan Bakal Resmikan Underpass Sriwijaya Besok


CIMAHI - Underpass Sriwijaya yang berada di Baros, Kota Cimahi bakal segera beroperasi. Rencananya, jalan bawah tanah itu akan diresmikan pada Selasa (22/2/2022).

Underpass yang menghubungkan Jalan Dustira dengan Jalan Sriwijaya itu dijadwalkan akan diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana.

"Rencana peresmian pada 22 Februari 2022 nanti oleh Pak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil," kata Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi, Achmad Nuryana pada Senin (21/2/2022).

Seperti diketahui, Underpass Sriwijaya yang berada di bawah perlintasan rel kereta api itu mulai dibangun akhir tahun 2021. Nilai kontraknya dengan PT Nindya Karya mencapai sekitar Rp 84 miliar lebih, yang merupakan bantuan anggaran dari Pemprov Jabar.

Achmad mengatakan, secara fisik Underpass Sriwijaya sudah rampung dan bisa digunakan. Bahkan sudah dilakukan uji kelayakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

"Kemudian mengoreksi hal-hal yang minor. Dan dari aspek geopmetrik jalan sudah memenuhi persyaratan. Kemudian pengetesan untuk sampit sampah sudah dilakukan. Secara prinsip dari Kementerian PUPR sudah layak dipakai," kata Achmad.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi, Meity Mustika mengatakan, underpass tersebut sudah dilengkapi dengan sampit, dimana dibawahnya terdapat penampungan air.

"Nanti kalau hujan airnya ditampung dulu. Ada tiga kompak utama dan satu cadangan, otomatis nanti air di bawah, dipompa ke atas dibuang ke sungai," jelasnya.

Dirinya meminta masyarakat untuk ikut menjaga dan memelihara underpass tersebut. "Jangan ada vandalisme, buang sampah sembarangan dan memperhatikan kecepatan, di sini maskimal 30 kilometer per jam," imbuh Meity.

Untuk keamanan, pihaknya rencananya akan memasang kamera CCTV di sepanjang underpass. Hal itu dilakukan untuk mengurangi aksi kriminalitas dan sebagai fungsi pengawasan.
"Kami juga akan siapkan cctv untuk mengawasi kendaraan di jalan ini," tandasnya.