Loading...

Plt. Walikota Cimahi Kukuhkan Forum Puspa Kota Cimah

Sadli 25 Februari 2022 1067 kali dilihat
Bagikan:
Plt. Walikota Cimahi Kukuhkan Forum Puspa Kota Cimah
CIMAHI.- Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana mengukuhkan Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Kota Cimahi di Aula Gedung A Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi. Forum Puspa Kota Cimahi sebagai wadah komunikasi, dan sinergi penguatan perluasan partisipasi masyarakat, untuk mendukung tiga program unggulan pemerintah, khususnya program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang populer dengan istilah "Three Ends"
"Three Ends ini yaitu mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri pedagangan manusia, dan mengakhiri kesenjangan ekonomi perempuan," ujarnya.
Ngatiyana mengatakan, saat ini marak permasalahan yang terjadi terhadap perempuan dan anak, yang cenderung meningkat di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kota Cimahi. Karena itu, kaum perempuan dan anak perlu mendapat perlindungan dari semua pihak.
Sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Nomor  13 Tahun 2021, partisipasi berbagai komponen masyarakat dalam penyelengaraan bidang pemberdayaan perempuan dan pelindungan anak bertujuan untuk mendorong upaya perwujudan kesetaraan gender, perlindungan hak perempuan, pemenuhan hak anak, dan perlindungan khusus anak dalam meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak.
"Pembentukan Forum Puspa ini juga sebagai wujud dukungan masyarakat terhadap program pemerintah, sesuai peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI No. 13/2021 tentang partisipasi masyarakat dalam bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, maka dihadapan bapak ibu sekalian telah kami angkat dan kukuhkan unsur pimpinan Puspa Tingkat Kota Cimahi. Selanjutnya Ketua Puspa dapat menunjuk atau mengangkat unsur anggota dalam kepengurusan Puspa," ucapnya.
Ngatiyana berharap, dengan adanya Forum Puspa Kota Cimahi ini dapat merespon dan menekan peristiwa kekerasan terhadap perempuan dan anak, trafficking, prostitusi, pernikahan dini, dan eksploitasi anak di Kota Cimahi.
 "Kami ucapkan selamat bertugas  kepada unsur pimpinan khususnya, dan seluruh pengurus Puspa pada umumnya, untuk berkoordinasi dan bersinergi dalam penyelenggaraan bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kota Cimahi. Semoga selalu memberikan kontribusi yang terbaik, dalam mengemban amanah yang telah diberikan untuk mendukung program Pemkot Cimahi, khususnya untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak," tuturnya.***