Loading...

Wali Kota Cimahi Minta Semua Stakeholder Bersiap Menghadapi Musim Penghujan

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 19 Oktober 2022 395 kali dilihat
Bagikan:
Wali Kota Cimahi Minta Semua Stakeholder Bersiap Menghadapi Musim Penghujan

CIMAHI - Wali Kota Cimahi Ngatiyana meminta semua stakeholder kebencanaan untuk bersiap menghadapi berbagai potensi bencana alam yang terjadi di musim penghujan ini.

"Ini dipersiapkan untuk kondisi yang tidak menentui sehingga alabila terjadi bencana semuanya siap bergerak ke lapangan," imbuh Ngatiyana pada Rabu (19/10/2022).

Sebagai bentuk kesiapan, seluruh stakeholder dari mulai BPBD, TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, PMI, relawan serta unsur terkait lainnya sudah melaksanakan apel kesiapsiagaan bencana alam dalam rangka menghadapi musim penghujan ini.

Ngatiyana membeberkan, ada sejumlah potensi bencana hidrometeorologi yang mengancam wilayah Kota Cimahi di musim penghujan ini. Dari mulai banjir, longsor hingga angin puting beliung.

"Inilah bencana-bencana yang berpotensi terjadi di Kota Cimahi," ucap Ngatiyana.

Dalam kesempatan tersebut, Ngatiyana mengeluhkan peralatan yang menurutnya kurang ideal untuk mendukung penanganan bencana alam Kota Cimahi. Ia mencontohkan seperti perahu fiber yang baru memiliki satu unit.

Dirinya berharap ke depannya peralatan perlengkapan untuk mendukung penanganan bencana alam di Kota Cimahi bisa dilakukan penambahan. "Masih kurang untuk ke siapsiagaan bencana. Mudah-mudahan ke depan sarana prasarana bisa ditambah lagi," karanya.

Untuk pencegahan, lanjut Ngatiyan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya. Di antaranya dengan memperbaiki drainase di sejumlah titik jalan. Perbaikan itu dilakukan untuk mengurangi debit air yang kerap merangsek ke jalan raya atau pemukiman warga.

"Sekarang sedang perbiaki supaya kalau banjir bisa dikurangi, kalau banjir insya Alloh mengurangi debit air," ucap dia.