Loading...

Gebyar Vaksinasi Hewan Gratis Pada Hari Rabies Sedunia

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 25 Oktober 2022 347 kali dilihat
Bagikan:
Gebyar Vaksinasi Hewan Gratis Pada Hari Rabies Sedunia

CIMAHI.- Rangkaian peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) tahun 2022, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi gelar pelayanan gratis vaksinasi rabies. Kegiatan tersebut bagian dari kampanye pengentasan rabies agar Kota Cimahi terbebas dari bahaya penyakit tersebut.

Layanan gratis tersebut yaitu vaksinasi rabies dengan target 1.000 ekor hewan penular rabies seperti anjing, kucing, monyet dan musang, serta kebiri kucing jantan sebanyak 21 ekor.

Hari Rabies Sedunia diperingati tiap 28 September. Untuk tahun 2022, tema yang ditetapkan WHO yaitu "Rabies One Health Zero  Deaths" atau "Rabies" Satu Kesehatan, Nol Kematian". Tema ini menyoroti hubungan lingkungan antara manusia dengan hewan.
Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi Tita Mariam menjelaskan bahwa untuk mencegah terjadinya penyakit Rabies di Kota Cimahi, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi melakukan

"Cimahi sebagai perkotaan sangat fokus terhadap kegiatan penanggulangan penyakit rabies. Hal ini disebabkan karena banyak masyarakat yang memelihara hewan seperti kucing dan anjing. Penyakit Rabies ini juga memiliki bahaya yang cukup tinggi karena merupakan penyakit yang dapat ditularkan kepada manusia atau bersifat zoonosis," ujarnya.


Vaksinasi rabies diberikan agar para hewan berpotensi menularkan penyakit tersebut.
Sedangkan kebiri dilakukan  untuk mengurangi populasi  kucing sehingga tidak terjadi  over populasi di Kota Cimahi.
Selain itu, Dispangtan Kota Cimahi juga terdapat program rutin tahunan yang telah dilaksanakan dalam rangka menanggulangi penyakit Rabies ini. Seperti program Vaksinasi On The Spot Hewan Penular Rabies dan Flu Burung atau SITERANG di 15 kelurahan sepanjang tahun 2022, sampai dengan saat ini telah dilakukan vaksinasi rabies terhadap 941 ekor hewan penular rabies  dengan rincian 64 anjing, 870 kucing, 1 kera dan 6 ekor musang.


"Kita juga terus kampanye dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya penyakit rabies.  Sampai dengan saat saat ini, Kota Cimahi masih dinyatakan bebas terhadap penyakit Rabies ditandai dengan nol kasus rabies," ungkapnya.