Loading...

Pasar Tani Sebagai Sarana Pemasaran Produk Pertanian Kota Cimahi

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 26 Oktober 2022 398 kali dilihat
Bagikan:
Pasar Tani Sebagai Sarana Pemasaran Produk Pertanian Kota Cimahi

CIMAHI.- Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi menyelenggarakan Gelar Pasar Tani dan Bazar Pangan Segar Cimahi (Pangsi) bekerjasama dengan Pemprov. Jabar di pelatarangedung B Kompleks Pemkot Cimahi. Kegiatan diselenggarakan untuk memastikan masyarakat dapat mengakses kebutuhan bahan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau, serta memastikan ketersediaan dan keterjangkauan akses pangan pokok bagi masyarakat aman dan mencukupi.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi Tita Mariam mengatakan, lewat Pasar Tani  selain menyediakan kebutuhan pangan dengan harga terjangkau masyarakat, juga dilaksanakan untuk memotong rantai distribusi bahan pangan sehingga petani bisa memiliki keuntungan yang signifikan. "Disamping itu, kegiatan dilaksanakan sebagai sarana dan wadah kelompok tani sekaligus sebagai wadah strategis untuk memasarkan komoditas hasil produksi tani," ujarnya.


Kegiatan itu juga sebagai upaya pengendalian harga agar sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah atau lebih rendah daripada harga pasar pada umumnya. "Dengan demikian, masyarakat bisa memiliki daya beli atas produk pangan dan stoknya memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Cimahi," katanya.


Beberapa komoditas yang tersedia di Pasar Tani diantaranya produk pertanian  seperti sayuran dan buah-buahan, produk peternakan seperti daging dan telur, produk perikanan seperti ikan lele siap goreng (Letsgo), Ikan Nila siap goring, serta kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, minyak goreng, gula putih, gula aren, terigu.
Pasar Tani cukup diminati masyarakat maupun para ASN. Selain menawarkan harga lebih terjangkau, pembeli juga bisa mendapat bonus sayuran segar sesuai ketersediaan. ***