Loading...

Pemkot Cimahi Optimis Serapan Anggaran Tahun Ini Tembus 85 Persen Lebih

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 28 Oktober 2022 476 kali dilihat
Bagikan:
Pemkot Cimahi Optimis Serapan Anggaran Tahun Ini Tembus 85 Persen Lebih

CIMAHI - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi optimis realisasi serapan anggaran tahun ini bisa mencapai 85 persen lebih. Sebab, masih tersisa sekitar dua bulan untuk mencapai target itu.

"Mungkin 85-90 pereen targetnya dengan sisa waktu yang tinggal dua bulan," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi Chanifah Listyarini pada Kamis (27/10/2022).

Dirinya mengungkapkan, capaian serapan anggaran APBD di Kota Cimahi sendiri hingga saat ini baru mencapai sekitar 63,65 persen atau sekitar Rp 1 triliun dari total APBD perubahan tahun ini yang mencapai sekitar Rp 1,6 triliun.

Ia membeberkan, ada sejumlah kendala yang membuat penyerapan sedikit terhambat. Di antaranya program belanja fisik yang memang dibayarkan jika proyek sudah rampung.

Selain itu, ungkap Chanifah, adanya aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk barang dan jasa yakni 40% dalam proyek pengadaan barang dan jasa juga ikut menghambat.

"Karena kita tidak bisa eksekusi kalau TKDN belum 40 persen. Kalau itu tak terpenuhi kita gak bisa lanjut," ungkapnya.

Dikatakan Chanifah, untuk mengejar serapan anggaran itu pihaknya mendorong setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Cimahi untuk segera menyelesaikan progamnya masing-masing.

Termasuk sejumlah proyek fisik yang saat ini masih dalam proses seperti pembebasan lahan di Cibodas, proyek pengerjaan jalan dana drainase hingga revitalisasi Stadion Sangkuriang.

"Di antaranya kita akan menggejar belanja modal fisik. Ada pembelian tanah dan proyek pengerjaan jalan. Kemudian ada proyek Sangkuriang," imbuhnya.

Namun, pihaknya juga mengingatkan agar setia OPD di lingkungan Pemkot Cimahi untuk tetap tertib administrasi. Sebab, tertib administrasi sangat penting untuk disajikan dalam laporan keuangan.

"Tentunya kita inginkan mereka secara optimal melaksanakan kegiatan disisa waktu yang tinggal dua bulan. Tapi jangan hanya mengejrar peneyrapan,  tapi tertib administatsi juga harus utama," tegasnya.