Loading...

Disbudparpora Kota Cimahi Bakal Sempurnakan Ekowisata Cimenteng

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 31 Oktober 2022 610 kali dilihat
Bagikan:
Disbudparpora Kota Cimahi Bakal Sempurnakan Ekowisata Cimenteng

CIMAHI - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi bakal melakukan penyempurnaan objek ekowisata Cimenteng.

Objek wisata Cimenteng sendiri berada di Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi yang sudah dibangun sejak akhir tahun 2021 menggunakan anggaran bantuan dari Pemprov Jabar.

"Kita akan terus upayakan untuk penyempurnaan ekowisata Cimenteng," kata Kepala Disbudparpora Kota Cimahi, Achmad Nuryana pada Senin (31/10/2022).

Dikatakan Achmad, tahun ini pihaknya bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk membuat jalan layak hingga membangun Tembok Penahan Tanah (TPT). Khusus untuk jalan sudah mulai diperbaiki.

"Jadi kita bangun jalan dan juga TPT. Kemudian nanti ada fasilitas lainnya untuk menunjang," ujarnya.

Achmad melanjutkan, ditengah Sumber Daya Alam (SDA) yanga terbatas pihaknya terus memanfaatkan lahan yang ada untuk lokasi. Seperti ekowisata Cimenteng.

"Kalau pembangunannya baru sekitar 70 persen, tapi sekarang sudah mulai ramai kunjungan," katanya.

Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata pada Disbudparpora Kota Cimahi, Nursaleh
menjelaskan, ekowisata Cimenteng sendiri mengusung konsep wisata berbasis pada pendidikan. Dari mulai edukasi perkebunan hingga peternakan dan juga rencananya akan disediakan area jogging track.

"Cimenteng itu merupakan kawasan wisata pendidikan mulai dari perkebunan, peternakan dan sebagainya yang berbau alam," jelasnya.

Lokasi pengembangan ekowisata Cimenteng yang dulunya Dewi Citos itu memiliki daya tarik tersendiri. Panorama alam yang disajikan di sana cukup menyegarkan untuk ukuran di wilayah perkotaan dengan kepadatan penduduk yang tinggi seperti di Kota Cimahi.