Loading...

Bisa Sakit Seperti Manusia, DLH Kota Cimahi Pantau Kesehatan Pohon

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 03 November 2022 430 kali dilihat
Bagikan:
Bisa Sakit Seperti Manusia, DLH Kota Cimahi Pantau Kesehatan Pohon

CIMAHI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi terus melakukan pemantauan terhadap kesehatan pohon-pohon di Kota Cimahi. Sebab, sama seperti manusia, tanaman juga bisa terserang penyakit seperti kanker.

"Kita terus pantau kalau untuk kondisi pohon-pohon di Kota Cimahi. Termasuk yang di jalur hijau," kata Kepala Bidang Tata Lingkungan pada DLH Kota Cimahi, Agus Irwan Kustiawan pada Kamis (3/11/2022).

Dikatakannya, dampak pohon apabila terkena penyakit dan dibiarkan cukup berbahaya. Bisa saja pohon tersebut roboh lantaran kekuatannya berkurang akibat digergogoti berbagai penyakit tersebut.

Untuk itu, kata Agus, pihaknya rutin melakukan identifikasi kesehatan pohon-pohon yang ditanam di aset milik Pemkot Cimahi. Khususnya di lokasi-lokasi yang berpotensi membahayakan masyarakat.

"Identifikasi rutin, kita punya metode untuk identifikasi kesehatan pohon. Tapi kita hanya melihat kondisi kesehatan pohon dari atas permukaan tanah hingga ke atas. Tapi di bawah tanah (akar) itu enggak bisa, belum ada alatnya," ungkap Agus.

Dia menerangkan, apabila hasil identifikasi menunjukan level di atas 15, maka pihaknya akan mengeluarkan rekomendasi agar pohon tersebut ditebang. "Jika dibawah 15 tetap bisa dipertahankan, dirawat dikasih obat. Disehatkan, ada pupuknya," ucap Agus.

Sementara pohon yang kerap tumbang ketika hujan deras mengguyur, lanjut Lilik, mayoritas penyebabnya dikarenakan faktor bencana dan tanah yang tidak kuat mencengkram akar pohon. "Selama ini kalau kita periksa yang tumbang kebanyakan karena faktor alam," sebutnya.

Dirinya melanjutkan, pihaknya memiliki personel yang bertugas menjadi dokter pohon untuk melakukan identifikasi pohon-pohon di Kota Cimahi.

"Kita kan ada tim dokter pohon yang melakukan pemantauan setiap hari, terutama di jalan besar yang berisiko besar," kata Amy.