Loading...

RW 12 Setiamanah Wakili Kota Cimahi Lomba P2WKSS Jabar 2022

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 26 November 2022 185 kali dilihat
Bagikan:
RW 12 Setiamanah Wakili Kota Cimahi Lomba P2WKSS Jabar 2022

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi memilih wilayah RW 12 Kelurahan Setiamanah Kecamatan Cimahi Tengah untuk mengikuti Lomba Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tingkat Provinisi Jawa Barat 2022. Lokasi tersebut telah mendapat kunjungan dari Tim verifikasi Jawa Barat.

Pj. Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan mengatakan, alasan diusulkannya RW 12 Kelurahan Setiamanah sebagai lokasi lomba P2WKSS, antara lain karena belum optimalnya peran perempuan dalam pembangunan dan kemasyarakatan yang  disebabkan minimnya pemahaman tentang pentingnya peran perempuan dalam pembangunan dan kemasyarakatan.

"Selain itu jumlah perempuan usia produktif yang relatif banyak yang dapat diarahkan untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan produktif yang dapat membantu kesejahteraan keluarga. Serta masih terdapatnya warga kurang mampu di RW 12 ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, program terpadu P2WKSS merupakan upaya pemerintah daerah bersama dengan masyarakat untuk menanggulangi kemiskinan melalui peningkatan peran perempuan.

"Untuk itu Pemkot Cimahi sangat mendukung segala bentuk program yang memajukan kewilayahan, khususnya di lingkungan RW," katanya.
Menurut Dikdik, keberhasilan program P2WKSS dapat dilihat dari adanya perubahan fisik, maupun perubahan sikap dan perilaku masyarakat untuk bisa membangun dan mandiri, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Walaupun pada awal pelaksanaan lomba P2WKSS ini terkendala oleh penyebaran covid-19, sehingga beberapa satuan organisasi perangkat daerah melakukan refocusing anggaran. Namun berkat adanya dukungan berbagai pihak, kami dapat mengikuti verifikasi akhir sesuai jadwal yang telah ditentukan," tuturnya.

Adapun beberapa kegiatan yang telah dilakukan di RW 12 Kelurahan Setiamanah  , antara lain pendataan sasaran, rehabilitasi lingkungan, kegiatan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), perbaikan sarana dan prasarana lingkungan, pemukiman dan air bersih, peningkatan pemahaman tentang swadaya dan gotong royong masyarakat, peningkatan ekonomi produktif, pembinaan kegiatan keagamaan, monitoring dan evaluasi, serta perkembangan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Pemkot Cimahi bersama tim penggerak PKK tingkat kota juga telah melaksanakan beberapa pelatihan yang terkait dengan perlombaan P2KWSS, dan sekolah perempuan menggapai impian dan cita-cita (Sekoper Cinta) antara lain pelatihan tata rias, potong rambut, menjahit, serta olah pangan, membuat konektor masker,  dan menghias hantaran.

"Harapan kita bersama adalah pelatihan dan pembinaan yang telah diterima oleh ibu-ibu akan menambah pengetahuan, dan keterampilan untuk seterusnya dikembangkan agar dapat menambah penghasilan keluarga,. Selain itu juga untuk menularkan ilmunya kepada sesama perempuan," imbuhnya.

Pihaknya berharap Kelurahan Setiamanah mendapat kebahagiaan dengan predikat terbaik. "Suatu keniscayaan bahwa untuk memperoleh itu harus dibarengi dengan komitmen bersama untuk selalu bekerja keras, berperan aktif dalam setiap kegiatan atau program yang dilaksanakan di lokasi binaan.

Pada kesempatan ini saya mengajak seluruh masyarakat Kelurahan Setiamanah khususnya RW 12 untuk mensukseskan pelaksanaan program terpadu P2WKSS. Mudah - mudahan dengan adanya program terpadu P2WKSS  ini dapat mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera termasuk perlindungan perempuan dan anak dengan meningkatkan kedudukan, peran, kemampuan, kemandirian serta ketahanan mental dan spiritual perempuan dalam rangka membangun masyarakat Kota Cimahi," pungkas Dikdik.**