Loading...

Kuliner Lokal Dapat Jadi Penggerak Sektor Pariwisata Cimahi

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 15 Desember 2022 810 kali dilihat
Bagikan:
Kuliner Lokal Dapat Jadi Penggerak Sektor Pariwisata Cimahi
CIMAHI.- Pariwisata menjadi salah satu sektor yang dapat mendorong laju pertumbuhan pembangunan di Indonesia. Pentingnya pariwisata membuat banyak wilayah menggalakkan sektor ini untuk menggerakkan industri-industri kecil sebagaimana dampak multiplier effect terutama sektor kuliner lokal.

Pemerintah Kota Cimahi menggagas Cimahi Culinary Festival 2022 yang dilaksanakan di Lapangan Bola RT 6/RW 7 Kelurahan Cibeber Cimahi Selatan Kota Cimahi. Hal ini sebagai bentuk upaya inisiatif dalam membangkitkan rasa ingin tahu dan kebanggaan masyarakat terhadap kuliner lokal sekaligus mengenalkan potensi wisata Ciseupan.

Cimahi Culinary Festival 2022 diselenggarakan secara meriah dengan menghadirkan lebih dari 27 jajanan kuliner khas Cimahi yang memiliki cita rasa unik, dikemas secara menarik sehingga meningkatkan nilai ekonominya. Berbagai pagelaran seni dan budaya pun ditampilkan untuk memeriahkan rangkaian acara Cimahi Culinary Festival, mulai dari tari dan musik tradisional Sunda, pencak silat, sosiodrama, penampilan special dari Saep Copet dan Ceu Edoh, hingga pagelaran wayang golek.

Pj. Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nurgahawan hadir membuka acara Cimahi Culinary Festival 2022 sekaligus meresmikan "Kampung Wisata Ciseupan" dengan menandatangani batu prasasti di Ciseupan View. "Wisata kuliner dapat mendukung produsen dan masyarakat untuk memanfaatkan hasil budi daya lokal menghasilkan produk kuliner unggulan. Ini menunjukkan bahwa pengembangan wisata kuliner di sebuah destinasi wisata dapat menghasilkan manfaat bagi masyarakat lokal dan wisatawan yang berkunjung ke destinasi tersebut," ujarnya.

Menurut Dikdik, dengan tingginya tingkat persaingan di dunia kuliner maka dibutuhkan kreativitas dalam penciptaan produk diperlukan agar sebuah bisnis dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat.

Dikdik juga menyebutkan,  Pemerintah Kota Cimahi tetap berupaya untuk mengembangkan sektor pariwisata termasuk wisata kuliner lokal. Dengan pembangunan pariwisata diharapkan akan menciptakan lapangan pekerjaan, peluang usaha yang baru, memberikan tambahan pendapatan dan meningkatkan infrastruktur serta fasilitas dan pelayanan bagi masyarakat.

"Dengan adanya dukungan dari pemerintah dan masyarakat, maka akan terbentuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang mampu meningkatkan kegiatan perekonomian di Kota Cimahi," tuturnya. 

Melalui kegiatan Cimahi Culinary Festival, Dikdik berharap akan dapat memberikan sinergi bagi seluruh pendukung acara untuk memberikan ide dan sumbangsih pikiran sehingga melahirkan produk kreatif, inovatif serta bisa memberikan dampak sosial positif guna mengembangkan segala potensi wisata yang dimiliki Kota Cimahi.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong UMKM untuk dapat tumbuh dan berkembang," harapnya.

Untuk rencana pengembangan ke depan, Dikdik mengaku Pemerintah Kota Cimahi siap mendukung penuh upaya pengembangan Kawasan Wisata Ciseupan dengan catatan adanya komitmen dari masyarakat sekitar untuk melestarikan daerahnya tetap asri dan alami," tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah raga (Disbudparpora) Kota Cimahi Achmad Nuryana menambahkan, melalui kegiatan Culinary Festival ini   dapat mewujudkan peran serta aktif masyarakat untuk mendukung suksesnya program pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Cimahi.