Loading...

Stadion Sangkuriang Sudah Dipasang Rumput Baru

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 02 Januari 2023 2715 kali dilihat
Bagikan:
Stadion Sangkuriang Sudah Dipasang Rumput Baru

CIMAHI - Proses revitalisasi tahap pertama Stadion Sangkuriang di Kota Cimahi akhirnya rampung. Lapangan yang sebelumnya rusak kini sudah dipasang rumput baru.

"Untuk lapangannya alhamdulillah sudah selesai dikerjakan," kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disdbudparpora) Kota Cimahi Achmad Nuryana pada Senin (2/1/2023).

Proses revitalisasi stadion bersejarah itu dimulai sejak Agustus 2022 dengan menelan anggaran sekitar Rp 5,5 miliar. Dana yang bersumber dari APBD Kota Cimahi itu hanya untuk pemasangan rumput lapangan dan pagar stadion saja.

Meski rumput sudah dipasang, namun lapangan Stadion Sangkuriang belum bisa digunakan masyarakat untuk bermain berolahraga. Pasalnya rumputnya membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk tumbuh.

"Mungkin baru bisa digunakan bulan Juni. Sekarang masih menunggu rumput tumbuh sekitar 6 bulan sambil pemeliharaan," ujar Achmad.

Disamping menunggu dan memeliharan rumput yang sudah dipasang, pihaknya juga rencananya akan memperbaiki area jogging track tahun ini. "Tahun ini ada lanjutan untuk pembuatan lintasan. Selain pemeliharaan lapangan," ucap Achmad.

Dirinya mengatakan, revitalisasi Stadion Sangkuriang yang sudah dilakukan memang masih jauh dari perencanaan yang tercantum dalam Detail Engineering Design (DED). Dalam hasil kajian itu setidaknya dibutuhkan Rp 273 miliar untuk menjadikan stadion itu lebih refresentatif.

Namun kebutuhan anggaran tersebut akan sulit dipenuhi jika hanya mengandalkan APBD Kota Cimahi. Apalagi tahun ini pihaknya tidak mendapat bantuan keuangan untuk merevitalisasi stadion tersebuy secara besar-besaran.

Meski begitu pihaknya tetap berupaya untuk memperbaiki Stadion Sangkuriang dengan anggaran yang sudah dialokasikan. "Yang mahal itu kan tribun sama basement. Kita harus realistis melihat anggaran yang ada. Tapi tetap harapannya lebih refresentatif lagi seperti yang diharapkan," kata Achmad.

Untuk bantuan keuangan dari Pemprov Jabar maupun pusat, lanjut Achmad, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di Pemkot Cimahi.

"Kita koordinasi dulu dengan Bappelitbangda," tuturnya.