Loading...

Peringatan HUT Ke-78 RI, Pj. Wali Kota Cimahi Ajak Masyarakat Bahu Membahu Membangun Negeri

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 18 Agustus 2023 1850 kali dilihat
Bagikan:
Peringatan HUT Ke-78 RI, Pj. Wali Kota Cimahi Ajak Masyarakat Bahu Membahu Membangun Negeri
CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023 di Lapangan Rajawali Jalan Gatot Subroto Kota Cimahi, Kamis (17/08/2023).

Upacara diselenggarakan secara tertib dan khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Pj. Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan, komandan upacara pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 tersebut, Mayor Arm. Muriadi., S.IP, Pembaca naskah proklamasi Ketua DPRD Kota Cimahi, Achmad Zulkarnain. Pembaca naskah Pancasila Dandim 0609, Letkol. Arm. Boby, dan pembaca naskah pembukaan UUD 1945 oleh Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono.

Kegiatan dihadiri jajaran Forkopimda, Kesatuan TNI AD Kota Cimahi, Kepala Instansi Vertikal, Perangkat Daerah Kota Cimahi, Rektor dan Ketua Universitas, Sekolah Tinggi/Akademi, Direktur Rumah Sakit, Pimpinan Bank, Pimpinan BUMN, Ketua MUI Kota Cimahi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua Lembaga Kecamatan dan Kelurahan, Ketua Organisasi Wanita, Organisasi Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, Perwakilan Sekolah, dan elemen masyarakat Kota Cimahi.

Dalam sambutannya, Dikdik mengatakan bahwa peringatan HUT ke-78 RI diharapkan dapat membawa perubahan dan pembaharuan, sebagai bagian dari rasa terima kasih kepada para pahlawan yang telah gugur di medan perjuangan dan bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara. 

"Kami mengajak semua elemen saling bahu-membahu untuk membangun negeri ini, mewujudkan tujuan keberadaan negara untuk Indonesia Maju," ujarnya.

Dikdik mengingatkan selayaknya olahraga estafet, yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan, momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI ini adalah energi gerak untuk bangsa Indonesia agar pembangunan terus melaju untuk indonesia maju.

Masyarakat Indonesia terdidik untuk memiliki kesadaran pentingnya makhluk sosial yang saling hidup berdampingan dan berinteraksi melibatkan individu yang lain. "Gotong royong adalah akar dari kebudayaan kita yang merupakan perwujudan harmoni kebersamaan yang telah menjadi perekat sosial paling efektif tanpa memandang ras, suku dan agama untuk mencapai tujuan yang luhur," ungkapnya.

Saat ini, kita diajak menghayati makna tema besar peringatan ulang tahun NKRI, yakni: "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju". Melihat pencapaian Kota Cimahi selama 22 tahun berdiri, kemajuan yang telah diraih merupakan hasil "kerja bersama" seluruh elemen yang ada di Kota Cimahi.

"Saya mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan pencapaian yang telah diberikan oleh seluruh elemen masyarakat sehingga kemajuan ini dapat kita raih dan kita rasakan bersama," tuturnya.***