Loading...

Upaya Peningkatan Kualitas Perencanaan Keuangan Perangkat Daerah Kota Cimahi Lewat Platform Si Dasi Tampan

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 26 September 2023 1731 kali dilihat
Bagikan:
Upaya Peningkatan Kualitas Perencanaan Keuangan Perangkat Daerah Kota Cimahi Lewat Platform Si Dasi Tampan

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi menggelar Sosialisasi Digitalisasi Data dan Informasi Tahapan Mengenai Perencanaan Anggaran (SI DASI TAMPAN). Kegiatan digelar sebagai upaya meningkatkan kualitas perencanaan penganggaran pembangunan pada lingkup Pemkot Cimahi.

Kegiatan digelar di Aula Gedung B Kompleks Pemkot Cimahi. Peserta terdiri dari 30 orang peserta yang merupakan pejabat yang menangani perencanaan dan keuangan di seluruh Perangkat Daerah Pemkot Cimahi.

Kepala BPKAD Kota Cimahi Harjono mengatakan, upaya digitalisasi pada lingkup pemerintah daerah merupakan salah satu implementasi peningkatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). "Menjadi upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang lebih akuntabel, efektif dan efisien," ujarnya.

Platform digital SI DASI TAMPAN diinisiasi oleh Bidang Anggaran pada BPKAD Kota Cimahi. Kemunculan sistem ini diharapkan akan dapat lebih meningkatkan kualitas perencanaan penganggaran dengan memanfaatkan data base yang telah tersedia pada SIPD RI.

Harjono menyatakan, pemeritah pusat melalui Pusdatin Kemendagri RI telah meluncurkan aplikasi SIPD RI yang digunakan oleh seluruh Pemda se-Indonesia dalam tahapan perencanaan dan penganggaran. Namun, SIPD RI sebagai aplikasi yang baru dikembangkan masih memiliki keterbatasan fitur.

"Melihat kondisi tersebut, pemerintah daerah memiliki ruang memanfaatkan database yang telah tersedia untuk diolah dan dianalisis sesuai dengan kebutuhan kota dalam konteks perencanaan penganggaran," ungkapnya.

Lebih lanjut Harjono berharap bahwa platform digital SI DASI TAMPAN dapat terus dikembangkan serta dijaga keberlanjutan pemanfaatannya.
"Apabila memungkinkan, fitur SI DASI TAMPAN dapat disampaikan pada pemerintah pusat dengan harapan kebermanfaatannya juga dirasakan oleh seluruh Pemda Kab./Kota se-Indonesia, selama aplikasi SIPD RI masih terus dipergunakan," jelasnya.

Kepala Bidang Anggaran BPKAD Kota Cimahi Andri Hardian menambahkan, keberhasilan pemanfaatan SI DASI TAMPAN sangat bergantung pada komitmen dan konsistensi para pejabat yang menangani perencanaan dan keuangan seluruh perangkat daerah. "pada akhirnya, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Cimahi dan seluruh pejabat yang menangani perencanaan dan keuangan pada perangkat daerah diharapkan dapat berkolaborasi dalam mengoptimalkan keberadaan SI DASI TAMPAN," pungkasnya.**