Loading...

Wujudkan SDM Relawan TIK Unggul, Diskominfo Gelar Pembinaan RTIK

sarwindha 21 Agustus 2024 769 kali dilihat
Bagikan:
Wujudkan SDM Relawan TIK Unggul, Diskominfo Gelar Pembinaan RTIK

CIMAHI - Disrupsi teknologi sebagai akibat dari perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tak dapat dihindari. Pergeseran budaya dan cara hidup manusia menjadi dampak dari kemajuan teknologi di era digital. Siap tidak siap masyarakat dituntut untuk piawai dalam berselancar di dunia maya agar tidak tertinggal dan menjadi gagap teknologi. Menyikapi kemajuan di bidang teknologi informasi yang begitu pesat, Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Cimahi menggelar Forum Usaha Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi bertempat di Inaka Coffee Kota Cimahi, Rabu (21/08).

Penjabat Wali Kota Cimahi Dicky Saromi mengungkapkan, selaras dengan kemajuan teknologi, Kota Cimahi juga terus berkembang dan sejalan dengan perkembangan zaman maka tantangan dan peluang di era digital saat ini juga semakin maju.

“Teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi tulang punggung dari hampir semua aspek kehidupan kita mulai dari pemerintahan, pendidikan, hingga ekonomi. Oleh karena itu keberadaan dan kontribusi kader-kader RTIK sangat lah penting dalam upaya mempercepat pembangunan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kota kita yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Dicky melanjutkan bahwa Pembinaan Relawan TIK ini bukan hanya sekedar pelatihan atau seminar, tapi merupakan sebagai salah satu langkah strategis untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan handal di bidang teknologi informasi, “Para Relawan TIK ini lah yang akan menjadi Garda terdepan dalam menerapkan dan menyebarluaskan teknologi, termasuk di dalamnya inovasi, aplikasi, maupun solusi-solusi digital dan juga literasi kepada seluruh elemen masyarakat Kota Cimahi,” imbuhnya.

Kegiatan Pembinaan Relawan TIK ini dilaksanakan sebagai upaya dalam membangun kolaborasi komunitas Perintis Usaha Muda Relawan TIK dan kegiatan usaha masyarakat demi memajukan ekonomi digital di Kota Cimahi. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya Pemerintah Daerah Kota Cimahi dalam mendukung kemajuan perekonomian melalui pengembangan sumber daya manusia di Kota Cimahi, khususnya dari komunitas dan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Kota Cimahi melakukan digitalisasi akses informasi bagi UMKM di Kota Cimahi dengan nama aplikasi layanan “UMKM-CAMPERNIK” (Cara Mudah Akses Pembelajaran Kewirausahaan Secara Elektronik).

Sementara itu Kepala Diskominfo Kota Cimahi Hendra Gunawan menyebutkan bahwa pihaknya berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Kota Cimahi melalui Forum Relawan TIK tersebut, “Diskominfo memberi warna lain dalam pengembangan ekonomi digital melalui pendayagunaan Relawan TIK dengan FURTIK,” tuturnya.

Menurutnya pemerintah daerah tidak bisa berdiri sendiri dalam melaksanakan pembangunan, dibutuhkan peran aktif berbagai kalangan dalam hal ini biasa disebut pentahelix atau multipihak, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendukung terwujudnya pembangunan yang berkesinambungan. Oleh karena itu keberadaan relawan, komunitas atau organisasi nirlaba ini penting untuk mendukung percepatan pembangunan di Kota Cimahi.

Kepala Bidang E- Government Bambang Supriyadi juga menambahkan bahwa Aplikasi ini merupakan aplikasi MOOC (Massive Online Open Course) dan Chatbot (AI) yang menyediakan layanan pembelajaran secara online dan pelayanan informasi melalui whatsapp kepada UMKM atau Calon Pelaku Usaha yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Menyediakan layanan pembelajaran secara online yang terintegrasi dengan penyedia layanan MOOC yang lain terkait pengembangan pengetahuan dan kemampuan kewirausahaan Menyediakan informasi melalui Chatbot dengan implementasi Artificial Inteligence (AI).

“Harapannya bisa mempermudah Masyarakat (pelaku usaha/UMKM dan calon pelaku usaha) dalam mendapatkan layanan peningkatan pengetahuan dan kemampuan berwirausaha Akses layanan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja (online), Pemkot Cimahi memiliki basis data pengetahuan yang tersimpan dalam storage yang dapat diakses kapan saja, Adanya keseragaman dalam mekanisme dan standar pelatihan Pelayanan dapat lebih luas / massif, Efisiensi dalam pelayanan Peningkatan Indeks SPBE.” tambahnya

Pemerintah daerah tidak bisa berdiri sendiri dalam melaksanakan pembangunan, dibutuhkan peran aktif berbagai kalangan dalam hal ini biasa disebut pentahelix atau multipihak, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendukung terwujudnya pembangunan yang berkesinambungan. Oleh karena itu keberadaan relawan, komunitas atau organisasi nirlaba ini penting untuk mendukung percepatan pembangunan di Kota Cimahi.

Pada kesempatan ini Diskominfo Kota Cimahi pun mengundang Unit Pengingkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Kota Cimahi sebagai bentuk menjalin kemitraan strategis FURTIK dengan pihak lain. Hal ini dilakukan untuk dapat membantu untuk dapat berkembang dan berkolaborasi dengan program-program furtik yang telah dikembangkan UP2K untuk dapat berkembang dan berkolaborasi dengan program-program FURTIK yang telah dikembangkan di antaranya pengembangan platform online shop furtik.com untuk pemasaran produk-produk UMKM dan FURTIK Grocery untuk menjalin kemitraan antara supplier, kurir dan retailer. Selain itu saat ini sedang dikembangan fitur-fitur lainnya dari FURTIK antara lain FURTIK service, belanjain.com dll. (Bidang IKPS)

Lihat video lebih lengkap pada halaman berikut:

Kunjungi Galeri Foto