Loading...

Jelang Pilkada Tahun 2024 Disdukcapil Kota Cimahi Percepat Perekaman KTP Bagi Pemilih Pemula

Rano Hardiana 09 Agustus 2024 2769 kali dilihat
Bagikan:
NotFound
Pemilihan Umum Kepala Daerah serentak yang akan dilaksanakan pada Bulan November mendatang membuat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi "gercep" untu melakukan perekaman KTP Elektronik bagi para Generasi Z (Gen Z) yang merupakan pemilih pemula.

Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Cimahi Chaeruddin Djoeharie mengatakan, pihaknya mendata tahun ini ada sebanyak 7.214 wajib KTP baru yang harus melakukan perekaman agar bisa menyalurkan hak pilihnya di Pilkada Kota Cimahi 2024.

"Untuk wajib KTP pemula yang terdata tahun ini sampai Desember itu ada sekitar 7 ribu lebih," beber Chaeruddin, 

Dari jumlah total pemilih pemula atau masuk kategori gen Z yang terdata, Disdukcapil Kota Cimahi sudah melakukan perekaman KTP-el sejak Januari 2024. Pihaknya, kata Chaeruddin, menargetkan pemula yang wajib KTP itu sudah melakukan perekaman hingga Desember.

Disdukcapil Kota Cimahi juga berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi. "Sisanya itu ada sekitar 3.479 orang lagi yang belum melakukan perekaman. Kita kejar terus perekaman untuk pemula itu," ungkapnya.

Sebagai informasi Jumlah pemilih pada Pemilihan Presiden Februari lalu sebagaimana dilansir oleh Bawaslu Cimahi  ialah sebanyak 423.425 pemilih dengan rincian jumlah pemilih laki-laki 208.973 dan pemilih perempuan 214.451.

Pada penyelenggaraan Pemilu 2024, jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPT di Kota Cimahi sebanyak 416.734 dengan rincian DPT laki-laki sebanyak 205.731 dan DPT perempuan 211.003 yang diperkirakan akan bertamabah pada gelaran Pemilihan Kepala Daerah mendatang.***