Loading...

Gelar MTQH Ke IX Tahun 2024 Pemkot Cimahi : Tingkatkan Rasa Cinta Pada Al Quran

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 21 September 2024 757 kali dilihat
Bagikan:
NotFound
Upaya untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Quran dapat ditempuh melalui berbagai cara,s alah satunya dengan membaca dan memahami isi kitab suci umat Islam tersebut. Melalui Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Hadist (MTQH) Tingkat Kota Cimahi Tahun 2024, Pemerintah Daerah Kota Cimahi berupaya untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Quran Nur Karim, Sabtu (21/09). 
MTQH ke IX Tingkat Kota Cimahi Tahun 2024 digelar di Masjid Agung Kota Cimahi dan sekitarnya dengan diikuti sekitar 130 orang utusan dari Kecamatan Cimahi Utara, Kecamatan Cimahi Tengah dan Kecamatan Cimahi Selatan.
Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Cimahi Budi Raharja menyampaikan bahwa MTQH bukan  lah sekedar  lomba, akan tetapi  lebih pada upaya konkrit kita umat Islam untuk menggali dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Al-Quran, selain itu juga merupakan sarana untuk mempererat ukhuwah islamiyyah serta memacu agar lebih memahami, menghayati dan mengamalkan Al-Quran sebagai pedoman hidup di tengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya dewasa ini.
"MTQ bukan hanya sekedar lomba, tapi lebih kepada bagaimana kita bisa memahami dari Al-Quran dan yang penting bisa diimplementasikan oleh para Qori dan Qoriah ini adalah dengan memahami Al Quran dan bisa diimplementasikan di kehidupan sehari-hari. Jadi tidak saja hanya mampu menampilkan kamahiran dalam membaca dan menguasai Al-Quran akan tetapi juga mampu menampilkan nilai-nilai pengamalan Al-Quran yaitu akhlaq yang qurani, yang selanjutnya, mudah-mudahan dapat menjadi contoh dan teladan yang baik bagi seluruh umat muslim di Kota Cimahi," tuturnya.
MTQH juga diharapkan dapat menjadi momentum untuk merenung dan mengintrospeksi diri ke arah yang labih baik, mewujudkan masyarakat yang bertaqwa serta berakhlak mulia yang dapat mendukung pelaksanaan pembangunan daerah secara keseluruhan.
Untuk penilaian Budi berharap dapat dilakukan secara objektif dan professional. Untuk memastikan hal tersebut Orientasi Dewan Hakim dilaksanakan setelah acara seremoni Pembukaan MTQ Tingkat Kota Cimahi Tahun 2024 untuk meningkatkan wawasan, profesionalisme, dan kemampuan dewan hakim dalam melakukan penjurian. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menghindari pertimbangan relasi pribadi.
"Terkait dengan MTQH ini juga saya berharap seperti pada kompetisi olahraga dapat mengedepankan sportivitas, kita ingin ada penilaian secara objektif jadi tidak hanya mengejar kejuaraan semata tapi yang terpenting bagaimana dakwah dan syiar agama Islam," tandasnya.

Peserta yang menjadi juara pada MTQH Tingkat Kota Cimahi ini diharapkan dapat menjadi perwakilan dari Kota Cimahi untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Hadist Tingkat Provinsi Jawa Barat bahkan ke tingkat Nasional. Adapun Cabang/Golongan yang dilombakan pada MTQH Tingkat Kota Cimahi Tahun 2024 adalah :
1. Cabang Tilawah Al Qur'an (putra/putri) 
2. Cabang Tahfidz (putra/putri) bertempat di Pendopo DPRD Kota Cimahi
3. Cabang Qira'at Al Qur'an (putra/putri)
4. Cabang Musabaqah Hadist (putra/putri)