Loading...

Ini Yang Diharapkan Menpan RB dari Mal Pelayanan Publik Kota Cimahi

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 30 November 2022 402 kali dilihat
Bagikan:
Ini Yang Diharapkan Menpan RB dari Mal Pelayanan Publik Kota Cimahi

CIMAHI.- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi pendirian Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cimahi. Keberadaannya diharapkan membuat layanan pemerintahan dapat lebih mudah diakses masyarakat.
"Saya mengapresiasi peresmian MPP Kota Cimahi ini. Sehingga dengan kemewahan gedung dan sarana-prasarananya akan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan," ujarnya.

Peresmian MPP Kota Cimahi diselenggarakan pada Senin (28/11/2022). MPP Kota Cimahi dibangun sejak tahun 2019, dibangun di atas lahan seluas 8.786 m2 dengan luas bangunan 8.934 m2. Gedung MPP Kota Cimahi terdiri dari 4 lantai dan 1 basement.

Lantai 1 dan 2 digunakan untuk ruang pelayanan terpadu berbagai instansi, lantai 3 diperuntukkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda), sedangkan lantai 4 akan digunakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan aula.

Selain layanan Pemkot Cimahi, sebanyak 23 instansi turut bergabung diantaranya Kepolisian, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PLN, PDAM, Kementerian Agama, Kantor Imigrasi, Bea Cukai dan lainnya dengan total 159 layanan. MPP Kota Cimahi menjadi MPP ke-77 di Indonesia dan MPP ke-11 di Provinsi Jawa Barat.

Azwar menyatakan,  dengan MPP juga dapat memberikan kejelasan informasi dan tranparansi pelayanan.

"Yang penting, mengintegrasikan layanan sehingga masyarakat merasakan mudah, murah, cepat dan transparan," katanya.

Pihaknya berharap keberadaan MPP Kota Cimahi dapat diikuti dengan layanan digital. "Tadi ada layanan masyarakat bisa mengajukan pembuatan KK lewat aplikasi. Setelah itu, hasilnya dalam bentuk Pdf dan KK bisa dicetak mandiri lewat mesin yang tersedia. Kalau bisa diterapkan dan diintegrasikan dengan berbagai instansi sangat keren," katanya.

Pihaknya berharap layanan yang tersedia bisa ditingkatkan lagi. "Camat-Lurah agar komunikasikan ke masyarakat untuk mengurus perizinan dan lainnya langsung ke MPP saja," ucapnya.

Selain itu, dengan kemudahan pelayanan publik dapat mendorong perekonomian Kota Cimahi. "Dan juga mendorong investasi yang siginifikan di Kota Cimahi lewat perizinan yang diproses di MPP," tuturnya.

Pj. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan mengatakan, hadirnya MPP Kota Cimahi menjadi bukti nyata dari komitmen Pemerintah Kota Cimahi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan. Bertujuan untuk membahagiakan masyarakat, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan layanan publik secara nyaman.

"MPP yang sudah diresmikan ini, juga harus memberi kebermanfaatan untuk warga Cimahi. Mendorong kesejahteraan masyarakat dan perizinan lancar, semua administrasi yang dibutuhkan masyarakat ada disini," ujar Dikdik.

Ia juga menyebutkan sejak awal MPP Kota Cimahi dirancang agar dapat memenuhi harapan masyarakat, termasuk penyediaan sarana dan prasarana layanan publik yang memadai dan nyaman.

"Semua sistem terintegrasi dengan pemanfaatan IT. Dengan adanya MPP diharapkan dapat memenuhi harapan masyarakat Cimahi akan pelayanan publik yang berkualitas, cepat, efektif, dan efisien," ucap Dikdik.