Loading...

Beri Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Generasi Muda ini Pesan Kodim 0911 Cimahi Utara

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 27 Januari 2023 1635 kali dilihat
Bagikan:
Beri Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Generasi Muda ini Pesan Kodim 0911 Cimahi Utara

CIMAHI- Komandan Koramil (Danramil) 0911/Cimahi Utara Kodim 0609/Cimahi Kapten Caj (K) Susilowati memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada siswa siswi SMKN 2 Cimahi dalam kegiatan pelatihan calon karyawan PT. Buma, bertempat di SMKN 2 Cimahi jalan Kamarung No. 69 RT 02 RW 05 Kel. Citeureup Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi. Jumat, 27 Januari 2023.

Materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang diberikan kepada 50 orang siswa siswi calon karyawan PT. Buma di Kalimantan tersebut bertujuan untuk menanamkan sikap mental Bela Negara dan Cinta Tanah Air.”Seluruh Warga Negara Indonesia memiliki hak dan kewajiban dalam Bela Negara sesuai yang tercantum dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 3 dan pasal 30 ayat 1" papar Danramil.

Disampaikan pula bahwa siswa siswi adalah generasi penerus bangsa dan calon pemimpin bangsa di Indonesia emas 2045. Maka para generasi muda harus memahami lima nilai dasar Bela Negara dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Lima nilai dasar Bela Negara tersebut yaitu cinta Tanah Air, sadar berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban dan memiliki kemampuan awal bela negara.

“Sudah kita ketahui bersama bahwa berbagai ancaman terhadap kedaulatan dan keutuhan NKRI sudah terjadi, seperti pelanggaran wilayah perbatasan, separatisme dan pemberontakan bersenjata, terorisme dan radikalisme, bencana alam, wabah penyakit dan peredaran penyalahgunaan Narkoba.” Jelas Susi. 

Diakhir materinya, Susi menyampaikan harapannya kepada para siswa bahwa siswa siswi merupakan agen perubahan kesadaran bela negara dan sebagai role model dalam aksi nyata bela negara serta sebagai penggerak dalam mewujudkan integrasi bangsa.

“Selalu banggalah sebagai warga negara Indonesia dan dapat menjaga nama baik bangsa Indonesia serta bangun terus kompetensi kalian. Jadilah pribadi yang dapat dibanggakan dengan berprestasi disegala bidang untuk dapat mengharumkan Bangsa Indonesia.” Harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Kepala SMKN 2 Cimahi Wisnu, Guru Kesiswaan Kusman, Babinsa Kel. Citeureup Sertu Nikodimus dan anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Citeureup.