Loading...

Kota Cimahi Kini Miliki Pojok Ikan Hias Di Pasar Atas Baru

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 31 Januari 2023 2489 kali dilihat
Bagikan:
Kota Cimahi Kini Miliki Pojok Ikan Hias Di Pasar Atas Baru

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi meresmikan Pojok Ikan Hias di Pasar Atas Baru Jalan Kolonel Masturi Kota Cimahi. Fasilitas tersebut sebagai bagian dari pembinaan terhadap komunitas masyarakat dalam upaya pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19.

Terdapat 16 kios yang telah terisi pada pelaku usaha pembibitan ikan hias asal Kota Cimahi. Lokasi Pojok Ikan Hias berada Pasar Atas Baru.
Peresmian Pojok Ikan Hias dilakukan oleh Pj. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan. Kegiatan dilanjutkan dengan Kontes Guppy Tarkam SJBB Putaran Ke-1 Kota Cimahi yang diikuti peserta dari regional Bandung Raya dan sekitarnya.

Dalam penyediaan Pojok Ikan Hias tersebut, Disdagkoperin Kota Cimahi sebagai penyedia tempat berkolaborasi dengan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtang) Kota Cimahi sebagai pembina kelompok pembudidaya ikan hias.

Pj. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan mengatakan, penyediaan sarana Pojok Ikan Hias sebagai upaya Pemkot Cimahi dalam meningkatkan pelaku UMKM. "Ada sudut di bangunan Pasar Atas yang bisa,  kita fasilitasi penghobi dan pedagang ikan hias asal Cimahi," ujarnya.

Menurut Dikdik, dalam pengembangan ekonomi masyarakat selain kreatifitas juga perlu memanfaatkan peluang. "Melirik bisnis ikan hias cukup menjanjikan, data pemerintah pusat bisnis ikan hias ke luar negeri capai 10 juta dollar bahkan pernah sampai 33 juta dollar di tahun 2019. Artinya peluang akan ikan hias yang dibudidaya dan bisa dipasarkan disini terus bertambah dan berkembang," katanya.

Dengan fasilitasi yang diberikan, lanjut Dikdik, diharapkan dapat terus dijaga kebersihan dan kebermanfaatannya. "Juga perlu ada pembinaan dengan instansi terkait sehingga Pojok Ikan Hias ini bisa terus berjalan dan berkembang," tuturnya.

Dikdik menegaskan, banyak program Pemkot Cimahi Yang sudah disampaikan dengan dukungan DPRD Kota Cimahi. "Program dan kegiatan ini semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat Kota Cimahi," tandasnya.***