Loading...

Raksasa-Raksasa di Kebun Raya Bogor, Sudah Pernah Melihatnya? Semuanya Bikin Kagum!

Administrator 26 September 2018 3688 kali dilihat
Bagikan:
Raksasa-Raksasa di Kebun Raya Bogor, Sudah Pernah Melihatnya? Semuanya Bikin Kagum!
Berekreasi adalah salah satu aktivitas menarik untuk dilakkukan di akhir pekan. Tak perlu mahal, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sekitar kota tempat tinggal. Nah, bagi Anda yang berada di Bogor dan sekitarnya atau kebetulan sedang berada di Kota Hujan ini, jangan lewatkan untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor. 

Di KRB yang merupakan salah satu ikon Kota Bogor ini, mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan hijau menyegarkan, pepohonan rimbun, danau yang tenang, Istana Bogor yang anggun, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menghirup udara bersih dan segar sepuasnya di taman botani yang sudah berusia 200 tahun ini. Selain itu, bersiaplah terkagum-kagum dengan ribuan spesies tanaman yang ada di sini, termasuk beberapa jenis tanaman raksasa berikut ini.
 
Kayu Raja, Si Pohon Raksasa 
Menemukan pohon besar di dalam area KRB seluas 87 hektar ini sudah pasti tidak sulit. Ada banyak sekali jenis pohon berusia tua di sini. Namun, di antara pohon-pohon besar yang ada, Kayu Raja (Koompassia excelsa) adalah pohon yang paling besar. Pohon ini memiliki ukuran raksasa, dengan ketinggian bisa mencapai 85 meter dan diameter kayu 2 meter. Wah!

Rafflesia dan Bunga Bangkai, Duo Bunga Raksasa 
Siapa tak kenal “duo raksasa” ini. Keduanya merupakan tanaman langka kebanggaan Indonesia. Meski sama-sama raksasa, kedua bunga ini memiliki ciri khas masing-masing. Rafflesia atau padma raksasa ditemukan di Bengkulu oleh Thomas Stamford Raffles dan Dr. Joseoh Arnold sehingga diberi nama  Rafflesia arnoldii. Tanaman ini tidak memiliki akar, daun, maupun tangkai dan saat mekar sempurna, diameter bunganya bisa mencapai 1 meter dengan berat 11 kilogram. 

Bunga bangkai memiliki bentuk yang sangat berbeda dengan rafflesia. Ketika mekar, bentuk bunga yang bernama latin Amorphophalus titanum ini menyerupai bunga terompet dengan tinggi 4 meter dan diameter kelopak 1,5 meter. Disebut bunga bangkai karena bunga ini mengeluarkan bau kurang sedap. Namun, bunga ini juga punya nama lain yang lebih cantik, titan arum.

Teratai Raksasa Penghias Danau Gunting
Kalau Anda berkunjung ke KRB, jangan lupa untuk duduk-duduk di tepi Danau Gunting sambil mengagumi kemegahan Istana Bogor dari kejauhan. Di danau ini, Anda akan menemukan si cantik Victoria amazonica, si teratai raksasa. Tak tanggung-tanggung, diameter daunnya bisa mencapai 3 meter, tangkainya menjulang sepanjang 7 meter, dan diameter bunganya 40 cm. Wow! 

Anda sangat beruntung kalau bisa menyaksikan si cantik ini mekar karena umur bunganya hanya 48 jam. Saat baru mekar, bunganya berwarna putih dan menebarkan wangi dan di hari selanjutnya, bunganya berubah menjadi merah muda.

Anggrek Raksasa yang Memesona
Anda pecinta anggrek? Anda pasti jatuh cinta melihat koleksi ratusan jenis anggrek yang ada di Griya Anggrek KRB. Salah satu yang pasti akan membuat Anda berdecak kagum adalah Grammatophyllum speciosum, si anggrek raksasa. Kenapa disebut anggrek raksasa? Yup, karena ukurannya memang menakjubkan, dengan panjang 3 meter dan lebar 1,5 meter. Warna bunganya pun tak kalah unik, hitam bertotol kuning dan mekar di bulan Januari-Februari.

Si Jangkung Bambu Raksasa 
Tanaman bambu memang mudah kita jumpai di mana saja, tapi KRB punya koleksi unik, yaitu bambu raksasa. Dendrocalamus giganteus merupakan bambu terbesar di dunia dan berasal dari Myanmar. Tingginya tanaman ini bisa mencapai 30 meter dengan diameter batang sekitar 25 cm dan ruas antarbuku 25-55 cm. Luar biasa, bukan? 

Wah, menakjubkan ya, para raksasa di KRB. Selain koleksi tanaman unik dan langka, banyak obyek lain di dalam KRB yang pantang dilewatkan. Ada taman-taman tematik, Istana Bogor, Museum Zoologi, dan lain-lain. Yuk, ajak keluarga Anda untuk berekreasi sambil menambah wawasan di Kebun Raya Bogor! (AH)

image source: https://www.pexels.com/photo/bogor-building-kebunrayabogor-landmark-378437/