Loading...

Ingin Rumah Kontrakan Senyaman Rumah Sendiri? Simak 5 Tips Cerdas Ini

Administrator 26 September 2018 703 kali dilihat
Bagikan:
Ingin Rumah Kontrakan Senyaman Rumah Sendiri? Simak 5 Tips Cerdas Ini
Memiliki rumah sendiri adalah idaman setiap keluarga. Namun, karena berbagai alasan, banyak yang memilih untuk mengontrak rumah. Bisa karena alasan keuangan, pekerjaan yang berpindah-pindah tempat, atau alasan lainnya. 

Meski mengontrak, Anda tentu menginginkan suasana rumah yang nyaman, bukan? Secara tidak langsung, rumah yang nyaman akan berpengaruh pada kehangatan dan keharmonisan hubungan antar anggota keluarga. Karena itu, penting sekali memperhatikan penataan rumah agar senantiasa menjadi tempat yang dirindukan oleh seluruh anggota keluarga. 

Sayangnya, bagi para penyewa rumah, tidak mudah mendapatkan rumah yang ideal sesuai keinginan. Tak jarang, Anda mungkin terpaksa harus mau menempati rumah yang jauh dari impian. Selain fisik bangunannya kurang menarik, dekorasi yang biasa-biasa saja, aturan dari si empunya rumah pun membuat Anda tak bebas berkreasi menata rumah. Tak perlu kecewa. Dengan keterbatasan ini, Anda bisa kok mendapatkan kenyamanan tinggal di rumah sewaan.

Kemampuan menata ulang rumah merupakan kunci utama untuk menciptakan suasana rumah kontrakan yang senyaman rumah sendiri. Lalu, bagaimana dengan Anda yang merasa tidak piawai mendekorasi rumah? Tenang, berikut ini ada beberapa tips dan trik sederhana yang bisa dicoba. Yang penting, tetap ikuti aturan sesuai kesepakatan dengan pemilik rumah ya, mana yang boleh diubah dan mana yang tidak. 

Mengganti Warna Dinding
Langkah pertama mendekorasi rumah sewaan bisa Anda mulai dengan mengganti warna dinding. Jika memungkinkan, Anda bisa mengecat ulang dinding. Namun jika tidak, Anda bisa melapisi dinding dengan wallpaper. Selain memberi tampilan baru, penggunaan wallpaper juga bisa menghemat biaya karena Anda tidak perlu membeli hiasan dinding lagi. Dengan langkah mudah ini, Anda bisa menyulap suasana rumah yang sebelumnya terlihat kusam dan biasa-biasa saja menjadi tampak baru dan lebih ceria. 

Berikan Sentuhan Baru pada Lantai dan Jendela
Rumah kontrakan yang kurang terawat biasanya memiliki lantai yang kusam. Masalah ini sangat mudah diatasi, yaitu dengan menutupinya menggunakan karpet. Pilihlah jenis karpet yang mudah dibersihkan. Agar mudah dipadupadankan dengan hiasan lain di dalam ruangan, pilih karpet berwarna netral. Berikan juga sentuhan baru pada jendela dengan memasang tirai dengan warna dan motif kesukaan Anda. Dijamin, ruangan seketika akan tampak lebih cling!

Memasang Cermin Besar
Merasa sumpek dengan ruangan yang sempit? Atasi dengan cara yang sangat mudah. Pasanglah sebuah cermin besar di salah satu dinding ruangan tersebut. Sudah bukan rahasia lagi, cermin besar akan memberi efek ruangan terasa lebih luas.  

Mendekorasi Rumah Full Furnished
Menyewa rumah yang full furnished atau sudah dilengkapi perabot memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya, tentu saja Anda tidak perlu lagi membeli perabot rumah. Namun, Anda harus menerima seperti apa pun perabot yang disediakan, meskipun mungkin tidak sesuai dengan selera. 

Jangan khawatir, Anda masih bisa menempatkan pernak-pernik kesayangan di tempat tertentu yang sesuai. Anda juga bisa Cara lainnya adalah  dengan memberikan sentuhan-sentuhan kecil agar perabot tampak baru. Misalnya, melapisi sofa dengan kain bermotif menarik, menambahkan bantal-bantal kecil yang dekoratif, atau sekadar mengganti sarungnya dengan warna yang disukai. 

Mempercantik Dapur
Bagi perempuan, apalagi ibu rumah tangga, dapur adalah area yang sangat penting sehingga harus terasa nyaman beraktivitas di ruangan ini. Anda bisa mengecat ulang cabinet dengan warna kesukaan. Hidupkan suasana dapur dengan memajang wall d├ęcor yang beberapa tahun belakangan ini semakin ngetren. Peralatan makan atau memasak yang unik dan berwarna-warni juga bisa dimanfaatkan untuk menambah keceriaan dapur. Jangan lupa, sisipkan tanaman hias untuk menyegarkan suasana dapur kesayangan Anda. 

Nah, tunggu apa lagi? Segera percantik rumah kontrakan Anda dan nikmati kenyamanan serasa di rumah sendiri. (AH)

image source: https://pixabay.com/en/house-interior-design-couch-sofa-2593570/