Loading...

Inovasi GASKEUN (Gerakan Aksi Selamatkan Kelompok Usaha Mikro Untuk Negeri) Kota Cimahi

Bambang S. 11 Desember 2021 795 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

   Pemerintah melakukan berbagai macam hal untuk meningkatkan daya saing Indonesia, salah satunya kemudahan dalam berbisnis.

    Pengalaman Indonesia selama dua puluh tahun terakhir semenjak krisis moneter 1997-1998, memberikan informasi dan sekaligus pelajaran berharga bagi kita bahwa pada masa lalu runtuhnya perekonomian Indonesia ternyata sebagai akibat dari perekonomian Indonesia hanya bertumpu pada beberapa usaha skala besar (konglomerasi);

    Terdapat tiga poin penting sebagai pelajaran berharga yang dapat diambil, yaitu: ekonomi Indonesia tidak dapat hanya mengandalkan peranan usaha besar, UMKM lebih efisien dan memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan usaha besar, dan UMKM terbukti lebih mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja;

    UMKM boleh dikatakan merupakan salah satu solusi masyarakat untuk tetap bertahan dalam menghadapi krisis, yakni dengan melibatkan diri dalam aktivitas usaha kecil, terutama yang berkarakteristik informal. Dengan hal ini, persoalan pengangguran sedikit banyak dapat tertolong dan implikasinya adalah juga dalam hal pendapatan

    Anjloknya pendapatan masyarakat yang tentu saja mengurangi daya beli masyarakat terhadap produk-produk yang sebelumnya banyak disuplai oleh usaha berskala besar memang menjadi persoalan tersendiri.

    Bukan tidak mungkin produk-produk UMKM justru menjadi substitusi bagi produk-produk usaha besar yang mengalami kenaikan harga karena bahan baku impor.

    Kebangkitan UMKM harus menjadi target prioritas dan ukuran kunci sukses bagi perekonomian sebuah daerah, yang nantinya bisa berimbas di tingkat nasional.  Paradigmanya bukan lagi pada ‘pemberdayaan’ ekonomi rakyat yang memosisikan UMKM dengan konsep amal, belas kasihan, dan charity, melainkan pada membangkitkan paradigma ‘keberdayaan’  ekonomi rakyat.

    Dengan cara pandang demikian, akan tergambar, bahwa rakyat memang berdaulat secara ekonomi, berkemampuan dan berdaya saing;

Harapan pemerintah Kota Cimahi kepada seluruh UMKM di Kota Cimahi :

1.   Dapat meningkatkan kerjasama / kemitraan antara UMKM Kota Cimahi dengan penyedia permodalan seperti bank dan bumn yang memiliki program corporate social responsibility (csr) atau program kemitraan dan bina lingkungan (pkbl), sehingga UMKM Kota Cimahi dapat mengakses permodalan dari lembaga-lembaga tersebut;

2.   Meningkatkan kerjasama / kemitraan  antara UMKM yang satu dengan UMKM yang lainnya, sehingga UMKM di Kota Cimahi memiliki keunggulan kompetitif dengan produk lainnya di pasar dalam dan luar negeri;

Pada tanggal 20 Desember 2021, pemerintah Daerah Kota Cimahi mensosialisasikan salah satu inisiatif inovasi baru yang sedang kita kembangkan bersama yaitu inovasi yang kita beri nama “GASKEUN”  ( Gerakan Aksi Selamatkan Kelompok Usaha Mikro Untuk Negeri) Kota Cimahi.

Inovasi GASKEUN ini merupakan salah satu inovasi hasil dari kolaborasi antara unsur pemerintah kota dengan salah satu start up penyedia teknologi binaan pemerintah kota yaitu sekolahan.id.

Inovasi ini bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi di Kota Cimahi, dengan cara mendekatkan katalog produk-produk UMKM secara digital yang terkumpul dalam portal umkmcimahi.com dengan segmen pasar-pasar potensial, salah satunya adalah segmen pasar ASN melalui aplikasi absensi kehadiran pegawai SIKONCI.

Untuk menambah semangat dan motivasi para ASN dalam mendukung program bela beli produk UMKM ini, pada tahun 2022 akan diadakan penobatan “ASN balad UMKM Cimahi” yang akan dilakukan secara berkala.

Plt. Walikota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana menginstruksikan agar ASN harus bergerak bersama  untuk selalu mengutamakan membeli produk-produk UMKM Kota Cimahi, sekaligus terus bergerak untuk mensosialisasikan dan mempublikasikan katalog produk UMKM digital umkmcimahi.com secara masif dan terus menerus ke berbagai stakeholders dan seluruh lapisan masyarakat lainnya, agar pangsa pasarnya bisa terus semakin meluas.

   Perlu kiranya dapat memanfaatkan berbagai media publikasi dan jejaring informasi untuk dapat menyebarluaskan inovasi ini, serta kepada Disdagkoperin Kota Cimahi untuk dapat terus menjaga kualitas dan kredibilitas para pelaku UMKM yang tergabung di dalam  portal umkmcimahi.com dengan berbagai standar dan kriteria yang memadai.