Loading...

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Oleh Seorang Guru PAUD Sebelum Mengajar

Administrator 28 Oktober 2016 30425 kali dilihat
Bagikan:
Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Oleh Seorang Guru PAUD Sebelum Mengajar
HAL-HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN OLEH SEORANG GURU PAUD SEBELUM MENGAJAR

  1. Peran guru sebagai pendidik/nurturer; merupakan peran-peran yang berkaitan dengan tugas-tugas memberi bantuan dan dorongan/supporter, tugas-tugas pengawasan dan pembinaan/supervisor serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak agar anak itu menjadi patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarakat.
  2. Peran guru sebagai model atau contoh bagi anak; Setiap anak mengharapkan guru mereka dapat menjadi contoh atau model baginya. Oleh karena itu, tingkah laku pendidik/guru mesti baik.
  3. Peran guru sebagai pelajar/learner; Seorang guru dituntut untuk selalu menambah pengetahuan dan keterampilan agar supaya pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya tidak ketinggalan zaman.
  4. Guru sebagai administrator; Seorang guru tidak hanya sebagai pendidik dan pengajar, tetapi juga sebagai administrator pada bidang pendidikan dan pengajaran. Oleh karena itu, seorang guru dituntut bekerja secara administrasi teratur.
 
Ada beberapa kemampuan dan sikap yang harus dimiliki guru dalam melaksanakan tugasnya:

  1. Menguasai Kurikulum; Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai peranan dan kedudukan yang sangat penting dalam keseluruhan kegiatan pendidikan.
  2. Menguasai Materi; Sebagai pengajar, guru hendaknya menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan serta senantiasa mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya.
  3. Menguasai Metode dan Teknik Penilaian; Seorang guru akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik bila ia menguasai dan mampu melaksanakan keterampilan mengajar dengan menggunakan metode yang sesuai dengan pelajaran, tujuan dan pokok bahasan yang diajarkannya.
  4. Komitmen Terhadap Tugas; Ciri pokok profesionalisme adalah apabila seseorang memiliki komitmen yang mendalam terhadap tugasnya.
  5. Disiplin; Pendidikan adalah suatu proses, bersama proses itu anak tumbuh dan berkembang dalam belajar.

Selain itu, guru juga dikatakan professional, jika:
  1. Fleksibel; yang artinya dapat memahami kondisi anak didik.
  2. Optimis; Keyakinan yang tinggi akan kemampuan pribadi.
  3. Respek; Rasa hormat yang senantiasa ditumbuhkan di depan anak didik.
  4. Cekatan; dimana guru mesti dapat mengimbangi perkembangan anak didik.
  5. Humoris; sebagai penyemangat belajar.
  6. Inspiratif; guru harus dapat menemukan banyak ide dari hal-hal baru dan lebih memahami informasi-informasi pengetahuan yang disampaikan gurunya.
  7. Lembut; pengaruh kesabaran, kelembutan, dan rasa kasing sayang akan lebih efektif dalam proses belajar mengajar dan lebih memudahkan munculnya solusi atas berbagai masalah yang muncul.
  8. Disiplin; dalam banyak hal.
  9. Responsif; cepat tanggap terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.
  10. Empatik; kesabaran lebih dalam memahami keberagaman.
  11. Bersahabat; anak-anak akan lebih mudah beradaptasi dalam menerima pelajaran dan bersosialisasi dengan lingkungannya. (Yadi Sas Rusdiyansah, Fungsional Umum Seksi Perpustakaan Pada KAPPDE)