Loading...

Pemkot Cimahi Lakukan Uji Coba Rekayasa Tiga Jalan

Administrator 27 Oktober 2010 1511 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Dinas Perhubungan Kota Cimahi akan merekayasa jalan di pertigaan Jalan Demang Hardjakusumah, Jalan Daeng M. Ardiwinata, dan Jalan Jati. Untuk mempersiapkan rekayasa jalan itu, saat ini, Dinas Perhubungan Cimahi sedang mematangkan rencana tersebut dengan simulasi dan uji coba.

Jika sebelumnya kendaraan dari berbagai arah dapat melintas di pertigaan Jalan Demang Hardjakusumah dan Jalan Daeng M. Ardiwinata, tidak lama lagi tidak diperbolehkan langsung belok kanan (menuju arah Jalan Amir Machmud). Pelarangan yang sama juga akan diterapkan di pertigaan Jalan Jati dan Jalan Daeng M. Ardiwinata. Di pertigaan itu, kendaraan dari arah Jalan Jati menuju Jalan Daeng M. Ardiwinata tidak diperbolehkan langsung belok kanan yang menuju arah Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Simulasi rekayasa jalan ini akan dilakukan dengan pihak kepolisian Kamis (28/10) dan Jumat (29/10). Uji coba rekayasa jalan juga akan dilakukan Senin (1/11) dan Selasa (2/11) pada saat jam sibuk, mulai pukul 6.00 hingga 8.00 WIB. Pada sore harinya, uji coba akan dilakukan pada pukul 16.00 hingga 18.00 WIB.

Rekayasa jalan di pertigaan itu dilakukan untuk mengurai kemacetan pada jam sibuk. Rekayasa itu diterapkan mengingat jumlah kendaraan yang melintas di pertigaan tersebut tergolong padat, terutama pada pukul 6.30 WIB hingga 7.30 WIB. Jumlah kendaraan yang melintas mencapai 1.237 kendaraan. Sementara pada sore harinya, mulai pukul 16.00-17.00 WIB jumlahnya mencapai 1.036 kendaraan.

Selain melakukan rekayasa jalan di pertigaan tersebut, Dishub Kota Cimahi  kini tengah mengkaji untuk juga menerapkannya di sejumlah titik potensi kemacetan lainnya, terutama di titik-titik masuk Kota Cimahi. Kemacetan yang terjadi salah satunya karena faktor letak geografis Cimahi. (Dhany/”Bag. Humas Pemkot Cimahi”)