Loading...

Cimahi Juara III Nasional Lomba Konsumsi Pangan B3

Administrator 27 Oktober 2010 448 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Kota Cimahi, mewakili Provinsi Jawa Barat (Jabar) meraih juara III dalam lomba Konsumsi Pangan Beragam, Bergizi dan Berimbang (B3) tingkat nasional yang dilaksanakan Kementerian Pertanian RI pada 17 Oktober 2010, di Kupang Nusa Tenggara Timur.Lomba yang diikuti 33 provinsi seluruh Indonesia itu menempatkan Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai juara pertama dan Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai sebagai II.

Meski hanya juara III, Cimahi sudah mencatatkan sejarah baru dalam lomba yang dilaksanakan oleh Dewan Ketahanan Pangan (DKP) tersebut. Jawa Barat belum pernah mendapat prestasi apapun dalam lomba 3B. Jadi meski juara III, kita puas dengan hasil yang dicapai ini karena sebelumnya belum pernah masuk nominasi apapun.

Salah satu yang harus mendapat perhatian dalam lomba konsumsi pangan B3 ini adalah keseimbangan gizi dan kemampuan suatu daerah dalam melakukan penggalian potensi Sumber Daya Alam (SDA).

Terpilihnya Cimahi sebagai perwakilan Provinsi Jawa Barat karena Cimahi menjadi juara pertama dalam lomba yang sama antar Kota se-Jawa Barat. Usaha memenangkan lomba konsumsi pangan B3 tersebut pihaknya mengandalkan kemasan modifikasi tanaman singkong menjadi berbagai sajian makanan yang menggoda lidah untuk dikonsumsi dan bergizi.

Salah satu kemasan singkong itu adalah rasi atau beras singkong. Singkong dipilih karena mudah didapat masyarakat. Dengan mengonsumsi singkong diharapkan tidak ada lagi warga yang kelaparan dan kekurangan gizi. Dalam lomba tersebut diatur setiap peserta perwakilan masing-masing provinsi diharuskan membuat sajian menu makanan selama tiga hari yang keselurahan bahan pangannya terbuat dari singkong. (Dhany/”Bag. Humas Pemkot Cimahi”)