Loading...

Pemkot Cimahi adakan “ Cimahi Carnaval And Trash Fashion”

Administrator 03 November 2010 380 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

 

Pemerintah Kota Cimahi mengadakan acara yang bertajuk "Cimahi Karnaval And Trash Fashion",  kegiatan itu tidak hanya pertama kali di Kota Cimahi, tetapi menjadi yang pertama di Jawa Barat maupun Indonesia. Acara ini secara resmi dilepas oleh Wali Kota Cimahi, Ir. HM. Itoc Tochija, MM di halaman Pemkot Cimahi, Sabtu (30/10).

Acara yang dihelat seluruh komponen masyarakat di Cimahi ini melalui rute sepanjang 5 km. Rutenya mulai dari kantor Pemkot Cimahi-Jln. Demang Hardjakusumah, Jln. Daeng Muhammad Ardiwinata (Cihanjuang), Jln. H. Amir Machmud, Jln. Gatot Subroto, Jln. Gedung Empat, Jln. Gandawijaya, Jln. Amir Mahmud-jalan bawah fly over Cimindi ke Bandung Cimahi Junction.

Walikota berharap, dengan digelarnya karnaval produk sampah, maka akan mempercepat proses memasyarakatkan produk 3R atau reduce, reuse, recycle di Kota Cimahi, sebagai upaya mengurangi timbunan sampah, terutama sampah anorganik.

Selain itu, memotivasi pemuda/pemudi untuk terus melakukan dan membuat produk 3R. "Diimbau pula masyarakat tidak merasa malu memakai produk 3R. Dengan adanya karnaval produk sampah ini, masyarakat sadar bahwa sampah mempunyai nilai ekonomis, yang dapat diperhitungkan menjadi nilai tambah," ujarnya.

Adapun para peserta yang akan meramaikan acara, terdiri dari drumband TNI, patroli kebersihan, mobil display produk 3R (tas, baju, sepatu, topi, rompi, bunga, aksesori, dll.), barisan siswa SD, SMP, SMA/SMK, mahasiswa, santri, TP PKK, kader lingkungan, komunitas pemulung, pasukan kebersihan, karang taruna, Komunitas Sepeda Ontel Cimahi, barisan musik perkusi limbah, Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA), paguyuban kompos, PNS, dll.

Semua peserta menggunakan kostum produk 3R, dengan panjang barisan (peserta) karnaval kurang lebih 1 km. Sedangkan untuk trash fashion bertempat di halaman Cibabat Futsal, mulai pukul 10.00 WIB - selesai. Sebelum menggelar karnaval sampah, juga telah dilakukan beberapa kegiatan pengolahan sampah agar bernilai ekonomis. (Dhany/”Bag.Humas Pemkot Cimahi”)