Loading...

Kunjungan Kabupaten Kampar, Riau

Administrator 24 April 2011 553 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Kunjungan Kabupaten Kampar, Riau

Pada hari Kamis tanggal 21 April, Kota Cimahi menerima kunjungan kerja Kabupaten Kampar yang dipimpin oleh Kepala Bagian Keuangan beserta Kepala Sub.Bag pada Bagian Keuangan dan para staff yang mengelola implementasi SIPKD. Sedangkan di pemerintah Kota Cimahi diterima oleh Asisten Administrasi Umum, Kepala Bagian Keuangan beserta tim admin SIPKD Kota Cimahi.

Kota Cimahi menjadi tujuan utama Kabupaten Kampar untuk melihat kemajuan perkembangan implementasi SIPKD, dikarenakan beberapa alasan yaitu yang pertama dimana Kota Cimahi telah mampu melaksanakan implementasi modul core SIPKD dan mampu mengembangkan laporan-laporan tambahan yang diantaranya terdapat dalam modul penganggaran :

- Laporan Belanja Aparatur

- Laporan Kinerja Kegiatan

Sedangkan pada modul penatausahaan Kota Cimahi telah mengembangkan menu laporan diantaranya :

- Laporan kontrol SPD terhadap Belanja Langsung

- Laporan Kontrol SPD terhadap Belanja Tidak Langsung

- Rekapitulasi SP2D Kota Cimahi

- SPJ Fungsional Penerimaan Kota Cimahi

- Laporan kontrol DPA terhadap SP2D-SPJ per Unit Organisasi

Kabupaten Kampar menitikberatkan masalah dalam modul pentausahaan, dikarenakan ada kesamaan perlakuan dasar pengeluaran belanja yaitu kepada SPD bukan kepada DPA, jadi Kabupaten Kampar meminta saran dari Kota Cimahi dalam implementasi SIPKD yang berbasis SPD dalam pengeluaran belanjanya.

Aspek kedua yang dilihat Kabupaten Kampar di Pemerintah Kota Cimahi adalah sistem online dalam implementasi SIPKD, dimana seluruh SKPD dalam emerintah Kota Cimahi telah dapat mengakses SIPKD dari tempatnya masing-masing, hal itu yang belum bisa diterapkan di Kabupaten Kampar, sehingga Kabupaten Kampar meminta saran kepada Kota Cimahi untuk menerapkan SIPKD secara online. ( "Bag. Keuangan" )