Loading...

Melalui UKS Tingkatkan Kesehatan Remaja di Kota Cimahi

Administrator 25 April 2011 417 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Melalui UKS Tingkatkan Kesehatan Remaja di Kota CimahiSeperti kata pepatah “Di dalam tubuh yang kuat  terdapat jiwa yang sehat”. Jiwa yang sehat inilah yang akan mampu membuahkan pola fikir dan kerja keras yang baik. Kesehatan anak dan remaja merupakan investasi besar dalam melaksanakan pembangunan daerah. Penanganan masalah kesehatan remaja sangat unik mengingat sifat pertumbuhan dan perkembangan remaja sangat berbeda dari segi fisik, mental maupun psikososialnya. Oleh karena itu perlu penanganan khusus melalui pendekatan sistem layanan mutidisiplin, terpadu, mudah terjangkau (aksesibilitas), dan privasi.Melalui UKS, peningkatan kesehatan anak dan remaja, akan tercipta sumber daya manusia yang unggul.

Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Dinas Kesehatan Kota Cimahi memfasilitasi pertemuan Kader Kesehatan Remaja se-Kota Cimahi yang dilaksanakan 13-14 April 2011 lalu. Pertemuan ini dihadiri oleh 210 orang peserta dari Sekolah Dasar /MI, SMP/Mts, dan SMU / MA.

Pada pertemuan ini disampaikan bahwa  melalui UKS beberapa masalah kesehatan dapat dikurangi antara lain masalah sanitasi dan air bersih, kekerasan dan kecelakaan, masalah Kesehatan reproduksi remaja, kecacingan dan kebersihan diri maupun lingkungan, masalah gizi dan anemia, refraksi kelainan penglihatan, merokok, alkohol dan penyalahgunaan narkoba, kesehatan gigi, penyakit infeksi (malaria, gangguan saluran nafas), gangguan kesehatan mental, HIV/AIDS dan IMS lainnya.

Diharapkan pertemuan ini akan menghasilkan kader-kader kesehatan Remaja di sekolah-sekolah se-Kota Cimahi melalui pembinaan guru terhadap murid-muridnya, sehingga akan tercipta anak-anak bangsa yang sehat dan kuat.-EfL.Promkes-DNK CMHI.