Loading...

Walikota Cimahi Masuk dalam Jajaran Indonesia Best Local Government Leaders 2011

Administrator 24 Agustus 2011 142 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Walikota Cimahi Masuk dalam Jajaran Indonesia Best Local Government Leaders 2011Walikota Cimahi, Ir. HM. Itoc Tochija, MM kembali masuk dalam jajaran Best Local Government Leaders Tahun 2011 versi Majalah SWA. Melalui penilaian Juri yang terdiri dari Firmanzah, Ph.D (Dekan Fakultas ekonomi UI), Dr. Budi W Soetjipto (IPMI), Dr. Tanri Abeng, MBA (Global Leadership), Abdul Gani (PT. Garuda Indonesia, Tbk) dan Prof. Dr. M. Ryass Rasyid (Anggota Dewan Pertimbangan Presiden) Walikota Cimahi mendapatkan peringkat ke-8 dengan score 77,41, naik satu peringkat dari tahun sebelumnya yang mendapatkan peringkat ke-9 CEO Daerah terbaik 2010 versi majalah SWA.

 

Pemilihan ini berangkat dari keinginan untuk mencari para pemimpin daerah terbaik dalam menerapkan kepemimpinan yang modern, melakukan terobosan, inovatif dan kreatif untuk memajukan daerahnya, serta mengeluarkan kebijakan yang probisnis dan proinvestasi.

 

Aspek penilaian dari pemilihan Indonesia Best Local Government Leaders ini meliputi perumusan masalah dan tantangan, perumusan strategi dan terobosan, penerapan/Implementasi Strategi dan terobosan, Kemajuan dan hasil yang dicapai serta Program Unggulan masing-masing daerah.

 

Adapun yang menjadi program unggulan yang diusung oleh Walikota Cimahi dalam penilaian ini adalah Peningkatan kualitas dan kuantitas Puskesmas, Memfasilitasi Pembentukan CCA (Cimahi Creative Ascociation), Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu serta Pengembangan Industri Kreatif berbasis telematika. Untuk mewujudkan Program-program unggulan ini Walikota Cimahi mengusung tiga strategi. Pertama, strategi rekayasas sosial, yaitu pemberdayaan masyarakat agar bersama pemerintah memiliki rasa kebersamaan dan tanggung jawab untuk memangun kota menuju Better City, Better Life. Khususnya, dalam peningkatan derajat pendidikan, kesehatan dan ketahanan ekonomi keluarga.

 

Strategi Kedua, pengembangan sistem inovasi daerah, yaitu pengembangan industri kreatif berbasis teknologi sebagai upaya merebut peluang tingkat nasional/regional yang berlandaskan modal SDM untuk menjawab tantangan keterbatasan Sumber Daya Alam. Dan Strategi Ketiga adalah Manajemen Aset, yang dilancarkan terutama di Kawasan yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. Keberhasilan pelaksanaan ketiga strategi tersebut mengantarkan Itoc sebagai salah satu jawara The Best Local Government Leaders 2011 versi majalah SWA.

 

Berikut ini adalah Pemimpin-pemimpin Daerah yang masuk dalam jajaran 10-Besar Indonesia Best Local Government Leaders 2011 yaitu : Walikota Solo Joko Widodo (Score : 84,28, Peringkat-I), Bupati Jepara Hendro Martojo (Score :80,98, Peringkat 2), Walikota Yogyakarta Herry Zudianto (Score : 80,55, Peringkat 3), Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib (Score 80,31, Peringkat 4) Walikoota Surabaya Tri Rismaharini (Score: 80,17, Peringkat 5), Bupati Purbalingga Heru Jatmoko (Score: 79,57, Peringkat 6), Walikota Semarang Soemarmo Hadi Saputro (Score: 79,51, Peringkat 7), Walikota Cimahi Itoc Tochija (score : 77,41, Peringkat 8), Walikota Batam Ahmad Dahlan (Score 77,32, Peringkat 9) dan Walikota Bandung Dada Rosada (Score: 75,68, Peringkat 10). (Inm-PDE)