Loading...

Pelaku UMKM Di Kota Cimahi Harus melek Teknologi

Administrator 03 Juli 2012 581 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Pelaku UMKM di Kota Cimahi perlu penguatan pemasaran. Terutama, harus melek teknologi sebagai akses kepada dunia luar tanpa batas. Media internet dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya pemasaran sehingga dapat meningkatkan penjualan yang berimbas positif pada perputaran roda ekonomi masyarakat di Kota Cimahi. Penggunaan teknologi saat ini menjadi sebuah keharusan terlebih bagi para pelaku usaha. Banyak pengusaha besar yang sukses dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi tanpa perlu mengeluarkan modal besar.

Hal itu disampaikan Wali Kota Cimahi, Dr. Ir. H.M. Itoc Tochija, MM dalam acara pembukaan pelatihan kewirausahaan bagi UMKM di aula komplek perkantoran Pemkot Cimahi, Senin (2/7).

Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi memberikan pembekalan terhadap 150 pelaku UKM untuk meningkatkan daya saing para pengusaha. Dalam pembekalan tersebut pihaknya juga memberikan tips menjadi wirausaha sukses di antaranya dengan memanfaatkan fasilitas jejaring sosial dan Internet.

Pelaku Usaha diberikan pembekalan soal kualitas produk mulai dari bahan bauk dan pengemasan, peningkatan pemasaran, serta pemanfaatan e-commerce. Produk dapat dipasarkan lewat laman gratis, jejaring social dan lainnya. Dengan begitu diharapkan, pelaku UKM bisa mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas lagi dan mendapatkan informasi mengenai selera konsumen.

Pemkot Cimahi akan mengkreasikan e-commerce bagi pemasaran produk Cimahi dalam bentuk “Warung Umat” yang menjangkau para pembeli. Sistem online dibuat sederhana tanpa perlu infrastruktur dan sarana tambahan berupa computer. Cukup memnafaatkan telepon genggam terutama berbasis android.

Dengan pemasaran bentuk pesan singkat, maka produk Cimahi bisa dipasarkan kemana-mana karena tayang di internet. Modalnya Cuma bayar pulsa aja. (Dhany/Bag. Humas Pemkot Cimahi)