Loading...

Pencanangan Gebyar Vitamin A 2012 Tingkat Kota Cimahi

Administrator 08 Agustus 2012 79 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Pencanangan Gebyar Vitamin A 2012 Tingkat Kota Cimahi

Walikota Cimahi, Dr. Ir. H.M. Itoc Tochija, MM mencanangkan Gebyar Pemberian Kapsul Vitamin A dan Bulan Penimbangan Balita Tingkat Kota Cimahi Tahun 2012, di Posyandu Mawar RW 9 Kel. Leuwigajah, Kec. Cimahi Selatan, Rabu (8/8). Khusus di wilayah setempat jumlah balita sasaran ada 650 anak. Pencanangan dilakukan dengan penetesan Vitamin A kepada 11 balita yang berasal dari perwakilan tiga kecamatan se Kota Cimahi.

Hadir dalam acara tersebut, Isteri Wali Kota Cimahi, Hj. Atty Suharti Tochija, Asisten Ekonomi Pembangunan, para pejabat dilingkungan Pemkot Cimahi, unsur TNI Polri, Camat Cimahi Selatan, Lurah Leuwigajah, dan tokoh masyarakat setempat.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Cimahi, jumlah sasaran yang ada di Kota Cimahi seluruhnya adalah bayi umur 6 – 11 bulan sebanyak 4757 orang akan mendapat vitamin A warna biru. Balita 12 – 59 bulan sebayak 33.034 orang akan mendapat kapsul vitamin A warna merah.

Menurut Asisten Ekonomi Pembangunan selaku Ketua Penyelenggara kegiatan, Drs. Hendra W.S., M.Si. bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mencegah kekurangan vitamin A pada balita, menurunkan angka kesakitan dan kematian karena kekurangan Vitamin A, membantu kesehatan mata dan membantu proses pertumbuhan anak balita di Kota Cimahi.

Bulan pemberian kapsul vitamin a bagi balita rutin dilaksanakan setiap setahun 2x yaitu pada bulan februari dan agustus. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai alat monitoring dan evaluasi program usaha perbaikan gizi di Kota Cimahi.

Pencanangan Gebyar Vitamin A 2012 Tingkat Kota CimahiWalikota Cimahi, Itoc Tochija mengatakan bahwa kesehatan merupakan investasi sumber daya manusia serta memiliki kontribusi yang besar untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia.oleh karena itu, menjadi suatu keharusan bagi semua pihak untuk memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatan demi kesejahteraan seluruh masyarakat.

“Keadaaan gizi yang baik merupakan prasyarat utama dalam mewujudkan sumberdaya manusia yang sehat dan berkualitas.” ujarnya

Pada kesempatan ini, Wali Kota Cimahi mengajak seluruh komponen masyarakat untuk berusaha untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka mewujudkan generasi penerus yang berkualitas. “Saya menghimbau kepada para ibu balita untuk senantiasa membawa anaknya ke posyandu dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada di posyandu agar anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan menjadi generasi penerus yang lebih berkualitas” demikian katanya. (Dhany/Humas Pemkot Cimahi)