Loading...

Gebyar Ganjen Dipimpin Walikota Cimahi

Administrator 31 Januari 2013 51 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

ganjen

CIMAHI.- Gebyar "Gerakan Pemberantasan Jentik Nyamuk (Ganjen)" dipimpin langsung oleh Walikota Cimahi Atty Suharti Tochija di RW 11 Kel. Cigugur Tengah Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi, Jumat (1/2). Hal itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan cikungunya yang disebarkan nyamuk Aedes Aegypti.

Menurut Walikota Cimahi Atty Suharti Tochija, penanganan DBD dan cikunguya seharusnya dilakukan sejak awal musim hujan. "Begitu curah hujan harusnya langsung diantisipasi. Maka, perilaku hidup bersih dan sehat harus ditingkatkan," ujarnya.

 

Sejak Jumat (2/1), para kader Ganjen se-Kota Cimahi disiagakan untuk pemeriksaan jentik nyamuk di rumah warga, pemeriksaan sanitasi lingkungan, dan pemantauan warga yang didera penyakit DBD dan Cikungunya.

Selain walikota, aksi Ganjen juga dipantau langsung oleh Wakil Walikota Cimahi Sudiarto di RW 7 Kel. Citeureup Kec. Cimahi Utara dan Sekda Kota Cimahi Bambang Arie Nugroho di RW 5 Kel. Cibeureum Kec. Cimahi Selatan.

Pada tahun 2011, kasus DBD mencapai 460 kasus dengan 3 kasus kematian. Tahun 2012, penyakit DBD mencapai 891 kasus dengan 5 kasus kematian.

Untuk data Januari 2013, belum direkap keseluruhan dari rumah sakit dan puskesmas. Namun, trennya meningkat.

Untuk mengurangi resiko ancaman DBD, masyarakat harus kembali menggalakkan program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan penerapan metode 3M Plus yaitu menutup genangan air, menguras genangan air dan mengubur sampah atau barang lainnya yang mengundang kerawanan perkembangan jentik nyamuk DBD. (NF)***