Loading...

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Gubernur Jabar

Administrator 05 Februari 2013 153 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

JLN.KOLONEL MASTURI, (GM).-

Sekitar 100 perserta dari berbag ai.elemen masyarakat sekota cimahi, mengikuti sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu Gubernur Jabar

Dalam acara. Tersebut, tampil beberapa pembicara antra lain ProfM Endang Komara (wakil rektor STKIP Pasundan), Abdul Mukmin (PWI kota cimahi) dan Rosyad AM (wartawan).

Dalam pemaparan makalahnya Prof. Endang, Komara lebih banyak memaparkan tentang demokrasi. Diantara berdemokrasi yang terpenting, bagaimana hak-hak politik masyarakat bisa tersalurkan dengan baik, termasuk hak politik dalam pemilihan gubernur.

"Semakin tinggi hak politik masyarakatnya bisa tersalurkan dengan baik, akan semakin baiklan pelaksanaan demokrasi. Seperti halnya dalam pilgub, hak memilih masyarakat harus terjamin," katanya.

Sementara itu. Mu'min dan Rosyad lebih melihat pemilu khususnya pilgub Jabar dari kecamatan pers. Menurut mukmin, partisipasi pers terhadap pilgup dengan memberikan sosialisasi dan pencerahan kepada masyarakat.

Terkait peran pers terhadap agaenda politik seperti hslnya Pilgub, menurut Rosyad setidaknya media massa punya tiga fungsi sosial, yaitu fungsi pengawasan sosia, korelasi sosial dan sosialisasi.

"Agar hasilnya maksimal, tiga fungsi itu hrus didukung dengan kebebasan pers tapi bertanggung jawab disamping kode etik jurnalistik," ujarnya mengutif pendapt Harold D Laswell. (Pakar komunikasi politik.

Hadir dalam acara yang diawali penandatanganan MOU antara Panwas dengan UNjani,STKIP,Polres, Kodim, PWI dan PJI tersebutn Wakil Walikota H Sudiarto dan Kapolre s AKBP Anwar. (AR)