Loading...

Pendatang Masuk Cimahi Mencapai Ribuan

Administrator 30 Juni 2014 92 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Laju pertumbuhan penduduk di Kota Cimahi memang tinggi dan masih akan menjadi perhatian serius pemerintah setempat. Pasalnya, hampir setiap bulan ribuan orang masuk Cimahi dengan maksud untuk mencari pekerjaan.

Kabid Pencatatan Sipil Disdukcapil Kota Cimahi, Ipit Rospitawati mengatakan, pendatang baru yang bermaksud mencari perbaikan status sosial itu berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Mereka datang dengan niat untuk menjadi buruh di sejumlah pabrik yang ada di Kota Cimahi. Selama April saja tercatat ada 1.201 orang terdiri dari 610 laki-laki dan 591 perempuan," kata Ipit.

Bagi warga pendatang tersebut, pihaknya meminta untuk melengkapi diri dengan administrasi kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga (KK).

Dirinya memperkirakan jumlah pendatang baru pada Mei dan Juni tidak akan jauh beda dengan bulan-bulan sebelumnya. Sekadar gambaran, pengajuan pembuatan KK pada April mengalami peningkatan.

Dengan adanya aturan baru warga pendatang tidak lagi diperkenankan menggunakan Kartu Penduduk Musiman (Kipem) melainkan harus menggunakan KTP.

Hingga April 2014, jumlah penduduk di Kota Cimahi mencapai 569.356 orang. Angka ini dimungkinkan akan terus bertambah jika nantinya setelah lebaran akan kedatangan kembali para pendatang baru.

"Kalau memang ingin bekerja dan berdomisili di sini harus menjadi warga Kota Cimahi seperti warga yang mengontrak atau berdiam di kost-kostan," ungkapnya.