Loading...

2023 Warga Cimahi Kunjungi Perpustakaan

Administrator 30 Juni 2014 142 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Selama bulan Juni 2014, jumlah pengunjung Perpustakaan Umum Kota Cimahi Mencapai 2023 orang. Kalau dirata-ratakan jumlah pengunjungnya mencapai 96 orang per hari, sedangkan untuk jumlah pengunjung terbanyak didominasi oleh siswa sekolah dasar.

Menurut Kepala Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengelolaan Data Elektronik Kota Cimahi, drg Chanifah Listyarini, MHM bahwa kemudahan akses dan kenyamanan fasilitas yang dimiliki Perpustakaan Umum Kota Cimahi menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Fasilitas pendukung di Perpustakaan Umum Kota Cimahi, yaitu Ruang Baca, Ruang Anak, AC, Internet, Komputer, dan Wifi (Hotspot Area).

" Pemilihan lokasi perpustakaan baru yang berada di pertigaan Jalan Cihanjuang ini karena lokasinya yang strategis karena banyak dilalui masyarakat dan dekat dengan pusat keramaian. Selain itu, kami ciptakan kenyamananan fasilitas bagi pengunjung." ujarnya

Rini mengatakan, beragamnya kebutuhan informasi masyarakat serta perkembangan informasi itu sendiri menyebabkan Perpustakaan Umum Kota Cimahi harus siap mengantisipasi dan memfasilitasi kebutuhan tersebut.

“Perpustakaan Umum Kota Cimahi sebagai salah satu sumber informasi, belajar, inspirasi,dan rekreasi masyarakat Kota Cimahi terutama di bidang pendidikan.” katanya.

Koleksi buku yang disimpan di gedung perpustakaan baru tersebut telah berjumlah 12 ribu buku. Ke depannya, jumlah tersebut akan ditambah, bahkan pihaknya akan melengkapinya dengan e-library agar pembaca lebih mudah dalam mencari buku.

“ Sebagai penyedia utama informasi bagi masyarakat, Perpustakaan Umum Kota Cimahi memiliki koleksi sangat bervariasi yang terdiri dari berbagai macam subjek buku, antara lain : Komputer, Manajemen, Agama, Kewirausahaan, Pendidikan, Seni, Ekonomi, Olahraga, Hukum, Kesusastraan, Bahasa dan sastra,   Sejarah, Ilmu Pasti, Biografi, Teknik, Geografi, Kesehatan dan Koleksi Anak” demikian menurut Rini.

Sementara itu menurut Staf perpustakaan Pemkot Cimahi, Yadi Sas Rusdiansyah mengatakan, kenaikan jumalah pengunjung yang cukup signifikan ini membuat dirinya dan rekan lainnya menjadi ekstra kerja keras untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

" Jumlah pengunjung yang mencapai angka 2000 ini sangat jauh dibanding waktu masih lokasi perpustakaan milik Pemkot Cimahi yang berada di kompleks perkantoran Pemkot Cimahi hanya mencapai 500 orang pengunjung per bulan. Membuat kami cukup kewalahan juga" ujarnya.

Yadi menambahkan, pada bulan puasa kali ini perpustakaan menjadi salah satu tujuan untuk tempat ngabeubeurang dan ngabuburit bagi warga masyarakat cimahi, terutama siswa siswi sekolah dasar yang sedang liburan.

Ana siswi kelas enam SDIT Uswatun Hasanah, dia tinggal di Baros sengaja datang ke perpustakaan cimahi untuk menghabiskan waktu liburan ini dengan membaca buku.

" Karena saya suka membaca, sengaja mengisi hari libur pada bulan puasa ini datang ke perpustakaan untuk mengahbiskan waktu sekalian ngabuburit." katanya

Sementara itu, Haidar, siswa kelas tiga SD Baros Mandiri 1, mengatakan bahwa dirinya datang ke perpustakaan untuk mengisi waktu liburannya karena mendengar dari orang tuanya bahwa koleksi bukunya bagus- bagus.

'Tadi pagi saya diajak mamah ke perpustakaan untuk menghabiskan waktu liburan sekalian ngabuburit sambil baca buku, sementara itu mamah kerja di BNN Kota Cimahi" ucapnya (HD)