Loading...

Calon Haji Harus Biasakan Diri Dengan PHBS

Administrator 31 Agustus 2014 215 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Dinas Kesehatan Kota Cimahi meminta para calon jamaah haji untuk membiasakan diri dengan pola hidup Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar terhindari virus Ebola.

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi dr. Hj. Rina Kuswidiati mengatakan, untuk mengingatkan para calon haji mengenai bahaya penyebaran virus mematikan itu, pihaknya telah mengedukasi mereka lewat kegiatan manasik.

"Mereka perlu mengantisipasi penyebaran ebola. Karena di sana peredaran jamaah dari sejumlah negara yang memungkinkan bisa terjadi penyebaran seperti halnya MERS," katanya, Minggu (31/8/2014).

Pada saat manasik, pelatihan dan pembekalan jamaah haji pihaknya telah menjelaskan mengenai penyakit Ebola, gejala, cara penyebarannya serta upaya pencegahannya.

Dia menjelaskan cara penyebaran virus Ebola biasanya melalui cairan tubuh, baik darah, air ludah, lendir, keringat maupun cairan lainnya dari dalam tubuh manusia.

"Meski begitu, para calon haji tidak perlu khawatir karena pemerintah Arab Saudi juga telah mengeluarkan larangan bagi negara-negara endemik Ebola untuk melakukan ibadah haji," paparnya. (HA)