Loading...

Penerimaan PBB Triwulan Pertama di Cimahi Lampaui Target

Sadli 06 April 2021 50 kali dilihat
Bagikan:
Penerimaan PBB Triwulan Pertama di Cimahi Lampaui Target

CIMAHI - Realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kota Cimahi pada triwulan pertama melampaui target yang ditetapkan.

Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kota Cimahi, Ahmad Saefulloh mengatakan, pihaknya menargetkan perolehan PBB-P2 triwulan pertama ini sebesar Rp 17.633.095.791. Realisasi hingga akhir Maret 2021 mencapai Rp 26.131.879.946 atau 148.03 persen.

"Jumlah tersebut bisa lebih, karena masih ada sisa satu hari lagi, hari ini," terang Ahmad di Pemkot, Senin (5/4/2021).

Diungkapkan Ahmad, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mendongkrak pemasukan PBB. Diantaranya dengan adanya stimulus atau faktor pengurang untuk PBB-P2, meskipun besarannya tidak sebesar tahun kemarin.

"Kalau sekarang yang NJOP-nya Rp 50 ribu kebawah, itu kita bebaskan untuk pembayarannya. Yang nilainya Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu, kita berikan keringanan hingga 50 persen jika melakukan pembayaran pada bulan Maret sampai akhir bulan September 2021," bebernya

Jika melakukan pembayaran pada bulan Maret diberi keringanan pengurangan sebesar 10 persen. Pembayaran di bulan April diberi pengurangan hingga 5 persen.

"Jika melakukan pembayaran di bulan Mei 2021, ada pengurangan hingga 2,5 persen. Dan jika melakukan pemutakhiran data melalui aplikasi Si Pasti pada bulan Juni sampai Agustus 2021, mendapat pengurangan 2,5 persen," papar Ahmad.

Disebutkannya, jumlah pengurangan pajak tahun ini berbeda dengan tahun lalu yang lebih besar pengurangannya.

"Karena kalau tahun kemarin instruksinya langsung dari Kementerian Keuangan. Kalau sekarang tidak ada instruksi lagi mendapat insentif, tapi pemerintah kota masih mengganggap bahwa dampak Covid-19 ini masih terasa. Masih perlu ada pengurangan, sehingga  pengurangannya tidak sedrastis tahun kemarin," terang Ahmad

Diakui Ahmad, dengan adanya pengurangan PBB-P2 ini masyarakat khususnya Wajib Pajak (WP) sangat antusias membayar PBB-P2 di awal tahun.

"Antusias WP untuk memanfaatkan kebijakan pengurangan di bulan Maret ini juga menjadi pemicu perolehan PBB-P2 melebihi target," katanya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada para WP yang telah memenuhi kewajibannya. Dikatakan Ahmad, pajak yang dibayarkan digunakan untuk pembangunan di Kota Cimahi.

"Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pajak untuk pembangunan Kota Cimahi. Mudah-mudahan raihan pajak di 2021 juga meningkat," tukas Ahmad.