Loading...

Puskesmas Baru Tahun ini Dibangun di Cipageran

Sadli 21 Juli 2021 66 kali dilihat
Bagikan:
Puskesmas Baru Tahun ini Dibangun di Cipageran

CIMAHI - Untuk menambah cakupan layanan kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Cimahi bakal membangun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) baru tahun ini. Progres pembangunannya kini sudah masuk tahapan lelang.

Lokasi pembangan Puskesmas baru tersebut berada di Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi. Fasilitas kesehatan tingkat pertama itu diberinama Puskesmas Rawat Inap Persalinan Cipageran.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari laman resmi lpse.cimahikota.go.id, pagu anggaran yang disiapkan mencapai Rp 13.577.906.000. Tahapannya kini sudah memasuki masa sanggah.

"Baru masuk tahapan lelang. Tapi belum dimulai (fisiknya)," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, drg. Pratiwi, Senin(19/7/2021).

Dari laman lelang yang dikelola Bagian Pengadaan Barang dan Jasa pada Setda Kota Cimahi itu, tercatat awalnya ada 142 perusahaan yang mendaftar untuk proyek tersebut. Namun yang mengajukan penawaran hanya 20 perusahaan.

Sumber anggaran yang digunakan tercantum berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pratiwi berharap proses lelang rampung secepatnya sehingga bisa langsung masuk tahapan fisiknya.

"Iya harapannya dimulai secepatnya. Mudah-mudahan lelang berjalan lancar," ucap Pratiwi.

Pratiwi menjelaskan, Puskesmas yang akan dibangun ini tentunya akan menyesuaikan dengan standar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas.

"Rencana konsep Puskesmas standar Menkes. Fasilitas yang akan ada adalah persalinan, ruang tunggu diperluas, dan lain lain yang standar Puskesmas seperti biasanya," jelas Pratiwi.

Jumlah Puskesmas di Kota Cimahi saat ini ada 13 titik, yang tersebar di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Cimahi Utara, Kecamatan Cimahi Tengah dan Kecamatan Cimahi Selatan.