Loading...

DPKP Kota Cimahi Antisipasi Bencana Banjir di Musim Penghujan Mendatang

Arifin 29 Juli 2021 146 kali dilihat
Bagikan:
DPKP Kota Cimahi Antisipasi Bencana Banjir di Musim Penghujan Mendatang
CIMAHI.- Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi melakukan berbagai upaya pengentasan bencana banjir menghadapi musim hujan mendatang. Penanganan banjir perlu dilakukan mulai dari hulu hingba ke hilir sehingga bisa tuntas.
Hal itu dikatakan Kepala DPKP Kota Cimahi M. Nur Kuswandana. "Kami secar rutin melakukan pemeliharaan di seluruh sungai yang ada di Kota Cimahi untuk penanganan banjir secara keseluruhan," ujarnya.
Di sejumlah titik juga dilakukan perbaikan-perbaikan kirmir, .misalnya peninggian tanggul sungai di Melong supaya tidak banjir lagi. 
"Untuk kondisi hujan yang tidak terlalu besar itu sudah bisa teratasi dengan tanggul sehingga tidak terjadi banjir di tempat lain. Tapi kalau misalnya jumlah air melebihi dari tanggul tetap banjir, tergantung debit air," katanya.
Sejumlah lokasi rawan banjir diantaranya Cihanjuang, Cilember-Cigugur Tengah, pertigaan Pasar Cimindi, hingga daerah langganan banjir di RW 2 Melong. 
"Terkait penanganan banjir Melong, masih membutuhkan pembebasan lahan di Kabupaten Bandung dan di Melong, adi kewenanganan Dinas PSDA (Pengelolaan Sumber Daya Air) Provinsi Jabar. Selain ada pelebaran sungai atau normalisasi sungai Cilember, juga pembangunan embung atau kolam retensi. Masih menunggu realisasi," ungkapnya.***