Loading...

Peringatan Harganas Kota Cimahi Ke-28, Keluarga Berperan Penting Atasi Stunting di Masa Pandemi

Sadli 09 September 2021 127 kali dilihat
Bagikan:
Peringatan Harganas Kota Cimahi Ke-28, Keluarga Berperan Penting Atasi Stunting di Masa Pandemi

CIMAHI.- Peran keluarga sangat penting dalam mengatasi masalah stunting di Kota Cimahi. Esensi keluarga harus menjadi lingkungan yang paling nyaman dalam membina dan membimbing anggota keluarga agar bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru menghadapi pandemi Covid-19.

"Percepatan penurunan stunting tidak mungkin dilakukan suatu lembaga saja, bahkan perlu kerjasama dengan lembaga non pemerintah, seperti dunia usaha, akademisi dan lembaga swadaya masyarakat. Namun, yang terutama lingkungan keluarga," ujar Plt Walikota Cimahi Ngatiyana dalam sambutannya pada peringatan Hari Keluarga- Nasional -Harganas ke-28 tahun 2021 tingkat kota Cimahi, yang berlangsung di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah Cibabat Kota Cimahi, Kamis (2/9/2021).

Menurut Ngatiyana, keluarga-keluarga di Cimahi dapat menjadi wahana pertama dalam mencegah stunting. "Keluarga tetap menjalani kehidupan yang tentram, damai, mandiri dan bahagia. Semoga peringatan Harganas ke 38 tahun ini bisa menjadi momentum menguatkan kembali peran keluarga dalam melahirkan generasi penerus yang berkualitas untuk mendukung Cimahi yang maju," ungkapnya.

Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-28 tahun 2021 mengambil tema Keluarga Keren Cegah Stunting. "Hal itu  bertujuan untuk meningkatkan kepedulian.masyarakat terhadap kondisi stunting di Indonesia umumnya dan kota Cimahi khususnya.Keluarga keren mencegah stunting adalah keluarga yang bertumbuh kembang secara fisik , dikarena didalam tubuh yang sehat akan ada fisik yang kuat dan menghasilkan pemikiran atau psikis yang baik  pula," paparnya.

Apalagi di masa pandemi Covid-19,  keadaan kurang gizi kian rentan menimpa para balita dikarena penurunan pendapatan pada keluarga. Melalui peringatan Harganas tersebut kata Ngatiana, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait gizi keluarga yang baik guna melawan stunting, sehingga kualitas generasi masa mendatang menjadi lebih baik.

Peringatan Harganas tahun ini berlangsung secara sederhana, dan dilaksanakan secara virtual, dihadiri Ketua Tim Penggerakan PKK Kota Cimahi, Kecamatan dan Kelurahan, serta para Camat dan Lurah Se Kota Cimahi.

Pada kesempatan Plt Walikota Cimahi secara simbolis, menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada para pemenang lomba Bina Keluarga- Balita, Remaja dan Lansia, Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga UPPKA, serta Keluarga Teladan.**