Loading...

jadi Salah Satu Pemicu Banjir, Pemkot Cimahi Minta Warga Tak Buang Sampah ke Sembarangan

Sadli 11 November 2021 802 kali dilihat
Bagikan:
jadi Salah Satu Pemicu Banjir, Pemkot Cimahi Minta Warga Tak Buang Sampah ke Sembarangan


CIMAHI - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mengingatkan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi membuannya ke sungai atau drainase.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana mengatakan, prilaku buang sampah sembarangan akan berdampak buruk terhadap lingkungan. Di antaranya bisa menyebabkan banjir.

"Jadi, saya minta kepada masyarakat jangan sampai buang sampah sembarangan sebab dampaknya sangat berbahaya. Mari sama-sama jaga lingkungan," imbuh Ngatiyana pada Kamis (11/11/2021).

Dikatakan Ngatiyana, banjir yang meluap ke jalan raya hingga pemukiman yang terjadi belakangan ini di Kota Cimahi salah satunya dikarenakan fungsi drainase dan sungai yang kurang optimal. Penyebabnya lantaran tersumbat sampah, selain tentunya hujan yang cukup deras.

Pihaknya bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait beserta unsur kewilayahan seperti kecamatan dan kelurahan akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi terjadinya banjir di Kota Cimahi.

Di antaranya dengan memperbaiki drainase dan membersihkan drainase dari sampai, membersihkan sampah di sungai dan sebagainya. "Tapi kita juga butuh peran serta masyarakat. Dalam hal ini, kalau ada sampah berserakan tolong di buang ke tempatnya," kata Ngatiyana.

Selain itu, dirinya juga mengajak masyarakat untuk memilah sampah sejak dari rumah. Sebab, memilah sampah akan bermanfaat untuk mengurangi sampah yang dibuang ke TPA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Lilik Setyaningsih meminta peran aktif dari masyarakat untuk melakukan pengawasan. Apabila ada yang diketahui melakukan pelanggaran, diminta untuk memfoto dan melaporkannya kepada pihaknya.

"Ya disamping itu, masyarakat diminta peran aktifnya untuk mengingatkan agar tidak membuang sampah di sembarang tempat," kata Lilik.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi tahun 2019, sampah plastik mencapai 15,6 persen dari total timbulan sampah yang mencapai 270,399 ton per hari.

Sementata sisanya sampah organik 50,6 persen, kertas 8,6 persen, logam 3,1 persen, kain 5,3 persen, gelas kaca 3,0 persen, B3RT 1,4 persen dan sampah lainnya 12,5 persen.