Loading...

Pemkot Cimahi Ajak Pencari Kerja Manfaatkan Layanan Pasar Kerja Online Lewat Sidakeptri Mobile

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 27 Februari 2023 921 kali dilihat
Bagikan:
Pemkot Cimahi Ajak Pencari Kerja Manfaatkan Layanan Pasar Kerja Online Lewat Sidakeptri Mobile

CIMAHI.- Pemerintah Daerah Kota Cimahi menggelar sosialisasi pelayanan dan penyediaan informasi pasar kerja online di gedung Cimahi Techno Park Kota Cimahi. Sosialisasi diselenggarakan untuk menyebarluaskan layanan ketenagakerjaan tersebut agar dapat dimanfaatkan para pencari kerja.

Kegiatan diikuti 75 orang warga pencari kerja perwakilan kelurahan se-Kota Cimahi. Hadir sebagai narasumber yakni Amanda Koernadi (psikolog),  Andri Isyunanto  dari Save the Children,  Hendri Cahya Irawan pengembang Aplikasi Sidakeptri Mobile.

Pj. Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan mengatakan, bertambahnya jumlah penduduk di Kota Cimahi yang mencapai angka 571,6 ribu jiwa akan
berdampak terhadap masyarakat pencari kerja. Mereka mampu bersaing dengan tenaga kerja luar yang sudah siap dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia industri yang sudah tersertifikasi.

"Kegiatan Sosialisasi Pelayanan dan Penyediaan Informasi Pasar Kerja Online ini bertujuan untuk mempersiapkan para pencari kerja guna mendapatkan informasi tentang hal- hal yang berkaitan dengan dunia kerja, memberi motivasi agar para pencari kerja siap mengembangkan diri untuk bersaing dalam dunia kerja. Serta menjelaskan tentang persyaratan kerja yang dibutuhkan oleh dunia kerja," ujarnya.

Layanan tersebut dapat diakses di Google playstore Aplikasi Sidakeptri Mobile atau melalui web https://sidakeptri.cimahikota.go.id.
"Harapannya agar mempermudah para pencari kerja mendapat informasi lowongan pekerjaan, sehingga bisa menjadi salah satu solusi dalam mengurangi angka pengangguran di Kota Cimahi," ungkapnya.
Dikdik menjelaskan, salah satu misi Kota Cimahi adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas kesempatan kerja.  Untuk penanganan permasalahan ini, melalui Disnaker menyiapkan program khusus, diantaranya pendataan angkatan kerja, pelatihan, peningkatan produktivitas, pemagangan dan penyaluran tenaga kerja.

"Sasaran yang ingin dicapai melalui adalah meningkatkan jumlah tenaga kerja yang produktif dan berkualitas, dalam hubungan kerja yang harmonis dan saling menguntungkan," imbuhnya.

Aplikasi tersebut dapat menjembatani kelima pilar yaitu pencari kerja, perusahaan, pemerintah, lembaga pelatihan kerja (LPK), dan bursa kerja khusus (BKK). "Diharapkan 5 pilar terkait dapat memanfaatkan layanan tersebut," ucapnya.

Masyarakat bisa mencari info lowongan kerja, perusahaan  yang membutuhkan karyawan bisa memasang iklan satu bulan lowongan pekerjaan tanpa dipungut biaya. LPK bisa memposting kegiatan lembaganya melalui situs sidakeptri mobile dan melaporkan alumni LPK yang bekerja, BKK memposting kegiatan lembaganya melalui situs sidakeptri mobile dan melaporkan alumni BKK yang bekerja.

"Tidak sekedar menekan angka pengangguran, namun juga diharapkan dapat meningkatkan jumlah tenaga kerja yang memiliki kompetensi untuk mendorong terwujudnya Cimahi yang maju dengan sumber daya manusia unggul memenuhi tuntutan dunia kerja dan mengembangkan lapangan kerja secara mandiri. Selanjutnya, tentu untuk meningkatnya perekonomian masyarakat sehingga dapat hidup layak, berkualitas dan sejahtera," tuturnya.***