Loading...

Pemkot Cimahi Jamin Kebutuhan Pokok Jelang Ramadan Aman

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 16 Maret 2023 987 kali dilihat
Bagikan:
Pemkot Cimahi Jamin Kebutuhan Pokok Jelang Ramadan Aman

CIMAHI - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi memastikan stok kebutuhan pokok masyarakat aman menjelang bulan Ramadan tahun ini. Meskipun ada kenaikan harga di sejumlah komoditas pangan.

"Kalau stok kita pastikan aman, distribusi dari daerah penghasil juga masih lancat jelang Ramadan," Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian, Sri Wahyuni, Rabu (15/3/2023).

Dia mengatakan, ada kenaikan di sejumlah komoditas seperti cabai rawit merah, bawang merah hingga telur. Meski begitu, pihaknya akam berupaya agar harganya tidak semakin melonjak.

"Kan biasanya kalau mau hari-hari besar itu harganya ada kenaikan. Mungkin karena permintaan masyarakat juga meningkat, sehingga harga juga ikut naik," ujarnya.

Harga yang naik cukup drastis di antaranya cabai rawit merah dari Rp 60 ribu per kilogram menjadi Rp 80 ribu per kilogram.

"Sebelumnya itu sekitar Rp 60 ribu per kilogram, itu aja udah tinggi harganya. Naiknya lumayan udah lama," tutur Ani Indriani (37), salah seorang pedagang.

Selain cabai rawit merah, harga yang merangkak naik jelang Ramadan adalah bawang merah yang normalnya dijual Rp 25 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

"Bawang merah juga udah lama naiknya, cuma naik terus gak turun-turun. Sekarang malah naik lagi jadi Rp 35 ribu per kilogram," ujar Ani.

Menurut dia, naiknya komoditas sayuran tersebut dikarenakan faktor cuaca yang membuat hasil panen para petani di daerah penghasil kurang memuaskan. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap pasokan ke Kota Cimahi yang berkurang dan imbasnya membuat harga jadi naikm

"Seperti bawang kan pasokannya dari Brebes sekarang kurang, sementara permintaannya tetap tinggi jadi harganya naik. Konsumen banyaknya kalai bawang memang dari Brebes," sebut Ani.

Dia mengatakan, tingginya harga cabai rawit merah dan bawang merah itu berdampak terhadap penjualan. "Iya jelas berpengaruh. Yang tadinya biasa beli 1 kilogram, sekarang dikurangi kadi setengah kilo belanjanya," ucap dia.

Ani memprediksi harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat termasuk cabai rawit merah dan bawang merah akan terus naik hingga bulan Ramadan mendatang.

"Kemungkinan akan naik terus. Sulit rasanya kalau mau bulan puasa atau lebaran itu harga turun," katanya.