Loading...

Pemkot Cimahi Pastikan Pasokan Kebutuhan Terpenuhi Selama Ramadan

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 25 Maret 2023 877 kali dilihat
Bagikan:
Pemkot Cimahi Pastikan Pasokan Kebutuhan Terpenuhi Selama Ramadan

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi memastikan ketersediaan pangan untuk kebutuhan masyarakat selama Ramadan mencukupi. Kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat menjelang puasa lazim terjadi, namun demikian pemantauan terus digelar secara intensif.

"Harga beberapa komoditas ada kenaikan jelang Ramadan ini. Tapi stok tersedia cukup untuk kebutuhan masyarakat," ujar Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Cimahi Budi Raharja.

Hal itu ditemukan setelah pihaknya bersama dinas terkait melakukan sidak lapangan ke beberapa pasar di bawah pengelolaan Pemkot Cimahi. Sejumlah komoditas yang naik seperti beras, daging sapi, telur ayam.

Pihaknya berharap harga kebutuhan pokok masyarakat tidak terus naik selama bulan Ramadan. Selain itu juga akan dilakukan pemantauan terkait kondisi stok dan pasokan kebutuhan pokok agar jangan sampai ada barang yang sulit dicari. "Sejauh ini untuk ketersediaan dan pasokan masih aman, jadi masyarakat tidak perlu khawatir. Tapi kita tetap monitor dan siapkan lakukan langkah antisipasi seperti operasi pasar murah," ucapnya.

Sementara itu, kenaikan harga yang cukup tinggi terjadi pada komoditas daging sapi dan daging ayam. Daging sapi yang awalnya hanya Rp140 ribu per kilogran sekarang naik Rp10 ribu jadi Rp150 ribu per kilogram. Sementara untuk daging ayam harganya berkisar antara Rp35 ribu sampai Rp40 ribu per kilogram. Menurut pedagang, permintaan turut meningkat sejak awal Ramadan. Kondisi tersebut sudah lumrah terjadi saat momen jelang puasa hingga lebaran dimana tingkat konsumsi masyarakat meningkat***