Loading...

Puncak HKB Tingkat Kota Cimahi Diwarnai Aksi Simulasi Penanganan Bencana Gempa

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 26 Mei 2023 1121 kali dilihat
Bagikan:
Puncak HKB Tingkat Kota Cimahi Diwarnai Aksi Simulasi Penanganan Bencana Gempa

CIMAHI - Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2023 tingkat Kota Cimahi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan simulasi penanganan bencana pada Kamis (25/5/2023).

Simulasi penanganan bencana gempa bumi berlangsung di area Perkantoran DPRD Kota Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita dengan melibatkan personel BPBD, unsur TNI dan Polri beserta relawaan dari berbagai organisasi.

Dalam simulasi kali ini diperagakan bagaimana petugas gabungan melakukan penanganan seperti melakulan pertolongan pertama, mengevakuasi korban gempa bumi yang terjebak di gedung bertingkat hingga membawanya ke rumah sakit.

Simulasi penanganan bencana gempa ini disaksikan langsung Kakordalops Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) Brigjen Lukmansyah dan Penjabat Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan.

Dalam kesematan tersebut, Penjabat Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan mengatakan, kesiapsiagaan untuk penanganan bencana sangat dibutuhkan mengingat bencana alam bisa datang kapan saja.

"Kita sebagai warga Cimahi harua sadar bahwa ancaman bencana itu bisa terjadi kapan saja, dimana saja menimpa siapa saja. Ini kita harus siap," kata Dikdik.

Dikdik mengatakan, berbagai potensi bencana mengancam wilayah Kota Cimahi dari mulai kekeringan, banjir, tanah longsor hingga gempa bumi. Apalagi wilayah Kota Cimahi masuk garis yang bisa terkena dampak gempa Sesar Lembang.

Untuk itu, kata dia, kesiapsiagaan sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya kesiapan dari personel namun jiga dari masyarakat yang harus menyiapkan diri. Minimal, masyatakat bisa mengetahui langkah awal yang harus dilakukan ketika bencana alam terjadi.

"Mudah-mudahan dengan kesiapan bisa menimilaisir kerugian terutama korban jiwa," ucap Dikdik.