Loading...

Pemkot Cimahi Gelar Tes Kebugaran Calon Jemaah Haji 2024 Kota Cimahi

Rano Hardiana 29 Februari 2024 1185 kali dilihat
Bagikan:
Pemkot Cimahi Gelar Tes Kebugaran Calon Jemaah Haji 2024 Kota Cimahi

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi memfasilitasi tes kebugaran calon jemaah haji (CJH) asal Kota Cimahi tahun 2024. Ratusan orang mengikuti kegiatan tersebut untuk menilai ketahanan dan kekuatan fisik saat menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

Pelaksanaan tes kebugaran berlangsung di Cimahi Techno Park Jalan Baros Kota Cimahi. Kegiatan dibagi 3 hari untuk melakukan tes terhadap CHJ sesuai domisili per kecamatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan menyatakan, pengukuran kebugaran jasmani merupakan bagian dari perhatian Pemkot Cimahi terhadap calon jemaah haji Kota Cimahi.

"Dengan pengukuran kebugaran fisik ini bisa diketahui kondisi kebugaran para jemaah haji. Hal ini menjadi bagian perhatian pemerintah kepada masyarakat yang akan menjalankan ibadah haji di Tanah Suci," ujarnya.

Pihaknya meminta CHK mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk beribadah di Tanah Suci. "Nanti hasil tes perlu ditindaklanjuti dengan persiapan sebaik-baiknya.  Sehingga pada saatnya nanti semua CHJ bisa berangkat tanpa terkendala," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Mulyati mengatakan, sekitar 500 orang CHJ mengikuti pengukuran kebugaran tersebut. "Pengukuran kebugaran jasmani ini dibagi 3 hari sesuai domisili per kecamatan," katanya.

Tes kebugaran diawali dengan pemeriksaan kesehatan seperti tekanan darah dan berat badan. Dilanjutkan dengan pengukuran kebugaran dengan menggunakan 2 metode yakni rockport walking test berupa yakni jalan cepat dan konstan dengan jarak 1,6 kilometer untuk calon jemaah haji yang sehat. Selain itu, terdapat metode Serta six minute walking test yakni berjalan selama 6 menit dengN diukur jarak tempuh untuk calon jemaah haji yang masuk resiko tinggi (resti) dan lanjut usia (lansia).

"Agar bisa berangkat ke Tanah Suci, CHJ harus memenuhi standar kondisi bugar. Sehingga semua aktivitas di Mekah dan Madinah nanti dapat dilaksanakan dengan baik," ungkapnya.***