Loading...

Data Statistik Sektoral OPD Pemkot Cimahi Dapat Mendukung Kebijakan Pembangunan Di Kota Cimahi

Rano Hardiana 29 Februari 2024 1089 kali dilihat
Bagikan:
Data Statistik Sektoral OPD Pemkot Cimahi Dapat Mendukung Kebijakan Pembangunan Di Kota Cimahi

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Cimahi menyelenggarakan Rapat Koordinasi Peran Perangkat Daerah dalam Peningkatan Kualitas Ketersediaan dan Publikasi Data Statistik Sektoral di Lingkungan Pemerintah Kota Cimahi Tahun 2024 di Aula Gedung A Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi. Kegiatan digelar untuk mendorong percepatan ketersediaan data dan publikasi data statistik sektoral Pemkot Cimahi.

Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi yang membuka kegiatan mengemukakan pentingnya data statistik sektoral. "Statistik penting artinya bagi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi penyelenggaraan berbagai kegiatan di segenap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam pembangunan nasional," katanya.

Ia menyebut, dengan data-data statistik yang dimiliki dan hasil dari pengolahan data tersebut maka pemerintah akan lebih mudah untuk mengambil suatu kebijakan. Diharapkan setiap OPD bisa menyajikan data statistik sektoral yang lengkap, akurat dan mutakhir. Melalui rakor ini juga dapat mewujudkan sistem statistik yang handal, efektif dan efisien guna mendukung pembangunan daerah.

"Sehingga dapat menciptakan keterpaduan pelaksanaan evaluasi dan pengendalian pembangunan dengan didukung data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan,” tandasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Hendra Gunawan mengatakan, data statistik daerah dan sektoral penting untuk pengambilan kebijakan pemerintah. Kegiatan ini selaras dengan amanat Presiden terkait kebijakan Tata Kelola Data Pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir dan terpadu serta dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagipakaikan.

"Ketersediaan data berkualitas dan publikasi data statistik sektoral sebagai indikator pembangunan daerah menjadi sangat penting dan strategis dalam upaya mendukung perencanaan program pembangunan yang berkualitas,” ujarnya.

Pembangunan berbasis data menjadi langkah strategis dalam mencapai keberhasilan pembangunan. Dengan perencanaan kegiatan berbasis data akan menjadi lebih terukur, efektif dan efisien.

Rakor digelar untuk meningkatkan koordinasi, kualitas layanan data statistik sektoral dan sinkronisasi data pada perangkat daerah Pemerintah Kota Cimahi. Mewujudkan sinergitas penggunaan data, pengelolaan data secara terpusat dan publikasi data yang berkualitas, serta penguatan peran produsen data (perangkat daerah) dalam ketersediaan data sektoral yang berkualitas.

Selain itu kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memberikan gambaran dan pengetahuan mengenai evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral/EPSS sesuai peraturan BPS No 3 Tahun 2022 yang akan diterapkan pada semua perangkat daerah Kota Cimahi.

"Serta untuk memberikan gambaran bahwa ketersediaan data pada Portal Satu Data dan Open Data sangat strategis untuk mendukung data ngahiji dari data non spasial," tuturnya.**