Loading...

Warga Antusias Hadiri GPM, Belanja Beras SPHP Dan Komoditas Pangan Lain Untuk Kebutuhan Ramadan

Rano Hardiana 25 Maret 2024 187 kali dilihat
Bagikan:
Warga Antusias Hadiri GPM, Belanja Beras SPHP Dan Komoditas Pangan Lain Untuk Kebutuhan Ramadan

CIMAHI.- Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di pelataran gedung DPRD Kota Cimahi Jalan Dra. Djulaeha Karmita Kota Cimahi, Selasa (19/3/2024).

Program tersebut dilaksanakan dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) untuk memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga pangan dalam upaya pengendalian inflasi daerah pada momentum bulan suci Ramadan.

Kegiatan diselenggarakan atas kerja sama dengan Perum Bulog dalam penyediaan beras SPHP dan produsen binaan untuk penyediaan komoditas pokok lainnya, serta pelaku UMKM, hingga Kelompok Tani Wanita Kota Cimahi.

Masyarakat antusias mendatangi kegiatan GPM tersebut. Mereka berburu beras SPHP yang harganya lebih terjangkau  dibanding harga beras di pasaran yang tinggi. Petugas mengatur antrean agar  tertib. Warga membayar sesuai harga beras SPHP, setelah itu diberikan kupon sebagai bukti pengambilan beras. 

Agar penyaluran merata, tiap warga diberi tanda tinta pada jari bagi mereka yang sudah melakukan transaksi pembelian beras SPHP. Tersedia 2.000 pack beras dengan harga Rp 53.000/5 kg dengan total beras 10 ton. Tak hanya beras, sejumlah lapak juga menyediakan berbagai komoditas pangan. Seperti minyak goreng, tepung terigu, daging ayam dan daging sapi beku, sayur mayur, hingga hasil olahan kuliner seperti ikan bandeng, makanan takjil, dan makanan kering.

Kepala Dispangtan Kota Cimahi Tita Mariam mengatakan, kegiatan GPM merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan atas kerja sama dengan stakeholders dan pelaku usaha Kota Cimahi. Kali ini digelar pada momentum bulan suci Ramadan.

"Gerakan Pangan Murah merupakan salah satu cara yang efektif untuk menekan laju inflasi dan menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok. Masyarakat dapat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau sehingga terjadi perputaran ekonomi yang dapat meningkatkan roda perekonomian daerah," ujarnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Gerakan Pangan Murah, masyarakat akan terbantu dalam pemenuhan kebutuhan pokok terutama beras, dan bahan pokok lainnya yang diperlukan oleh masyarakat.**