Loading...

Pemkot Cimahi Seleksi Muda-mudi Pelajar Terbaik Untuk Paskibraka Kota Cimahi 2024

Rano Hardiana 25 Maret 2024 595 kali dilihat
Bagikan:
Pemkot Cimahi Seleksi Muda-mudi Pelajar Terbaik Untuk Paskibraka Kota Cimahi 2024

CIMAHI.- Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cimahi menggelar kegiatan seleksi calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Cimahi Tahun 2024. Selain memilih pemuda-pemudi sebagai petugas pengibar bendera pada peringatan HUT RI tahun 2024 mendatang, juga menjadi momen meningkatkan integritas pemuda dengan ikut terlibat dalam pembangunan Kota Cimahi.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan. Seleksi diikuti ratusan peminat dari siswa SMA/SMK se-Kota Cimahi.

Dicky mengatakan, paskibraka merupakan putra-putri terbaik bangsa, kader pemimpin bangsa yang direkrut dan diseleksi secara bertahap dan berjenjang.

"Seleksi dilakukan melalui sistem dan mekanisme pendidikan dan pelatihan yang menanamkan nilai kebangsaan, serta penguatan aspek mental dan fisik agar memiliki kemampuan prima dalam melaksanakan tugas sebagai pasukan pengibar bendera pusaka," ujarnya. 

Proses seleksi paskibraka dilaksanakan secara obyektif dan transparan didasarkan pada integritas, kualitas, kapasitas dan kapabilitas personal calon anggota paskibraka.

"Proses seleksi obyektif serta pemusatan pendidikan dan latihan sesuai protap akan menentukan keberhasilan dalam pelaksanaan tugas sebagai pengibar bendera pusaka," ungkapnya.

Menurut Dicky, ada beberapa tugas besar yang harus dilaksanakan paskibra pada upacara resmi di masa yang akan datang. Inti sukses setiap upacara salah satunya ada pada kesigapan petugas paskibra.

"Oleh karena itu, kami harapkan kepada kalian agar tidak menganggap ringan tugas ini. Laksanakan dengan semangat dan penuh tanggung jawab," bebernya.

Untuk itu, Dicky meminta kepada para calon anggota paskibraka mempersiapkan diri dengan baik sejak masa seleksi sekarang ini, demi melewati tonggak sejarah yang penting untuk siap melanjutkan tugas kepemimpinan bangsa ini.

"Pemuda-pemudi Indonesia yang kita harapkan untuk tampil dan melanjutkan kepemimpinan bangsa kelak adalah mereka yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur, yang cerdas dan memiliki kemampuan serta pengetahuan yang mumpuni, sehat jasmani serta rohani, memiliki semangat untuk mengabdi dan berbuat yang terbaik untuk negaranya, serta saling toleran antara satu sama lain, bersinergi membangun persatuan, seirama dalam menciptakan kerukunan, serta kekompakkan di antara sesama warga negara dan sesama generasi muda," tuturnya.**